Tugas Akhir Jurusan Teknik Mesin - Fakultas Teknik UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MALANG ANGKATAN 2008

ANGGA ADI WICAKSONO

Abstrak


ABSTRAK

 

Wicaksono, Angga Adi. 2010. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Angkatan 2008. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Jurusan Teknik Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. H. Dwi Agus Sudjimat, S.T., M.Pd, (2) Dra. Hj. Widiyanti, M.Pd.

 

Kata Kunci: kecerdasan emosional, kebiasaan belajar, dan prestasi akademik.

Proses belajar merupakan hal yang penting untuk mengenali lingkungan sekitar, kesuksesan individu dalam mencapai prestasi yang baik tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat IQ saja. Akan tetapi masih banyak faktor lain seperti kecerdasan emosional, kebiasaan belajar, potensi diri dan faktor lainnya. Kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar merupakan hal yang saling berkaitan. Kecerdasan emosional mampu mempengaruhi motivasi, dengan motivasi yang tinggi akan cenderung  menciptakan kebiasaan belajar yang baik. Dengan beragamnya tingkat kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar, beragam pula tingkat pencapaian prestasi akademik tiap individu, sehingga pemahaman mendalam tentang hubungan kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar dengan  prestasi belajar dianggap sangat penting.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan baik secara parsial maupun simultan dari kecerdasan emosional dan kebiasan belajar dengan prestasi akademik mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2008 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Product Moment Pearson untuk uji validitas, Alpha Cronbanch untuk uji reliabilitas, dan regresi ganda untuk mengetahui hubungan secara parsial dan simultan dari variabel-variabel dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, dan subyek penelitiannya adalah mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Angkatan 2008 Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang berjumlah 159 mahasiswa, dan instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan emosional (EQ) mempunyai hubungan secara signifikan dengan prestasi akademik mahasiswa, (2) kebiasaan belajar mempunyai hubungan secara signifikan dengan prestasi akademik mahasiswa, dan (3) Kecerdasan Emosional (EQ) dan kebiasaan belajar secara bersama-sama mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi akademik mahasiswa

Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional (X1) dan kebiasaan belajar (X2) baik secara serentak (simultan/bersama-sama) maupun sendiri-sendiri (parsial) mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi akademik mahasiswa (Y).