Tugas Akhir Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh Kinerja Keuangan Nasabah Terhadap keputusan pemberian Kredit Modal Kerja Pada PT. BRI Syariah Kantor Cabang Malang Kawi

Ayu Farinda Anjarini

Abstrak


ABSTRAK

 

Kinerja Keuangan merupakan analisis data serta pengendalian bagi perusahaa. pengukuran kinerja digunakan perusahaan untuk melakukan perbaikan diatas kegiatan operasionalnya agar dapt bersaing dengan perusahaan lain. selain itu kinerja keuangan juga dilakukan untuk memperlihatkan kepada penanam modal atau pemberi modal maupun pelanggan serta masyarakat secara umum bahwa perusahaan memiliki kredibilitas yang baik. kinerja keuangan perusahan ini ditunjukkan dengan laporan keuangan perusahaan yang terdiri dari neraca dan laporan laba rugi perusahaan. kinerja keuangan dapat digunakan sebagai keputusan pemberian kredit modal kerja. kredit modal kerja adalah kredit yang digunakan debitur atau penerima kredit untuk modal kerja usaha, baik sebagai penambaha modal kerja atau sebagai modal kerja awal. kredit modal kerja dapat dibedakan sesuai dengan cara penggunaan penggunaan kredit yang diberikan kepada debitur. realisasi kredit merupakan suatu keputusan yang dibuat oleh pihak kreditur dalam memberikan kredit modal kerja, realisasi kredit didasarkan oleh kinerja keuangn perusahaan, yang mencerminkan melaui rasio-rasio keuangan.

Tujuan peneliat ini adalah untuk mengetahui keputusan pemberian kredit modal kerja yang diajukan oleh pihak debitur, selama periode tahun 2007 samapai 2009 dengan menganalisis laporan keuangan. analisis laporan kinerja ditunjukan melaui ratio likuiditas, ratio leverage, dan ratio profitabilitas yang dinilai melalui laporan keuangan perusahaan. hasil perhitunganmasing-masing rasio dapat digunakan sebagai pengambilan keputusan pemberian kredit, variabel penelitian yang digunakan adalah rasio keuangan dan keputusan pemberian kredit.

jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. populasi penelitian adalah perusahaan yang mengajukan kredit apda pihak bank. data yang digunkaan adlah laporan keuangan perusahaan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rasio keuangan perusahaan sangat berfluktuatif. berdasarkan uji normalitas menunjukkan bahwa ratio klikuiditas, dan ratio profitabilitas, berpengaruh terhadap keputusan pemberian kredit, namun pada ratio leverage memeiliki nilali yang tidak signifikan sehingga ratio keverage tidak berpengaruh terhadap keputusan pemberian kredit. begitu juga dengan uji hipotesis, dari uji hipotesis menunjukan bahwa ratio keuangan berpengaruh terhadap keputusan pemberian kredit.