Tugas Akhir Jurusan Manajemen - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PELAKSANAAN STRATEGI PUBLIC RELATION SEBAGAI KEGIATAN PROMOSI PADA TOKO BUKU DISKON TOGAMAS MALANG

SANDY DWI PUTRA

Abstrak


ABSTRAK

 

 

 

Dwi P, Sandy. 2010. Pelaksanaan Strategi Public Relation Sebagai Kegiatan Promosi Pada Toko Buku Diskon Togamas Malang. Tugas akhir, Program studi D III Manajemen Pemasaran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing:  Madziatul Churiyah,S.Pd.,M.M.  

 

Kata kunci: Bauran Promosi, Public relation.

 

Promosi sebagai salah satu elemen bauran pemasaran memiliki arti dan peranan yang penting, karena promosi bertujuan untuk mengkomunikasikan produk kepada konsumen agar melakukan pembelian. Jenis promosi yang tersedia dalam pemasaran yang dikenal dengan bauran promosi meliputi periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), pemasaran langsung (direct marketing). Melalui komponen tersebut dapat dipadukan menjadi bauran promosi yang terintegrasi sehingga dapat digunakan sebagai upaya branding yang dilakukan pada Toko Buku Diskon Togamas Malang.

Penulisan Tugas Akhir ini sebagai lanjutan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan yang dilaksanakan pada Toko Buku Diskon Togamas Malang mulai tanggal 1 Maret 2010 sampai dengan 31 Maret 2010. Dari hasil pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan diperoleh bahwa strategi bauran promosi yang digunakan pada Toko Buku Diskon Togamas Malang adalah  periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), pemasaran langsung (direct marketing). Tujuan dari diadakanya penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana bentuk strategi public relation yang diterapkan oleh Toko Buku Diskon Togamas Malang, (2) Untuk mengetahui pengaruh strategi public relation terhadap kegiatan promosi pada Toko Buku Diskon Togamas Malang dan (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan strategi public relation pada Toko Buku Diskon Togamas Malang.

 Strategi bauran promosi yang paling efektif dilaksanakan pada Toko Buku Diskon Togamas Malang adalah promosi penjualan dengan menggunakan alat promosi konsumen berupa pemberian diskon dan juga public relation yang dilakukan Toko Buku Diskon Togamas Malang seperti jelajah wisata buku, live musik, workshop dan bedah buku atau seminar. Dalam pelaksanaan strategi bauran promosi khususnya public relation terdapat beberapa faktor pendukung yang meliputi tersedianya biaya untuk melaksanakan bauran promosi, kerjasama yang baik dengan para penerbit, adanya media elektronik sebagai media periklanan serta adanya kerjasama yang baik diantara anggota tim pemasaran Toko Buku Diskon Togamas Malang, sehingga dapat mewujudkan program promosi yang baik khususnya program public relation. Sedangkan faktor penghambat meliputi rasa antusias dan ketertarikan konsumen yang belum mencapai target yang direncanakan, jumlah strategi bauran promosi yang terlalu banyak membuat konsumen merasa bingung dan kurang paham mengenai program promosi yang dilaksanakan pada Toko Buku Diskon Togamas Malang, kurangnya tenaga marketing, dan fasilitas toko yang kurang nyaman.

Melalui bauran promosi khususnya public relation,tujuan dari Toko Buku Diskon Togamas dapat tercapai, sebab dengan pelaksanaan bauran promosi berupa public relation, perusahaan dapat memberikan penguatan citra baik kepada konsumen melalui public relation dan berbagai program promosi lain yang dilaksanakan oleh Toko Buku Diskon Togamas Malang.

Berdasarkan hasil pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan dapat disarankan sebagai berikut. (1) Toko Buku Diskon Togamas Malang terus berupaya untuk meningkatkan strategi diskon sehingga dapat memberikan rasa antusias bagi konsumen untuk selalu berbelanja di Toko Buku Diskon Togamas Malang. Misalnya dengan pemberian diskon-diskon lain yang lebih menarik, (2) lebih mengevaluasi kembali strategi-strategi bauran promosi yang sudah ada, dan mencermati kembali strategi-strategi yang lebih efektif dan strategi yang kurang efektif sehingga dapat mengurangi jumlah strategi yang sudah ada, (3) pihak manejemen Toko Buku Diskon Togamas Malang, hendaknya menambah jumlah SDM (sumber daya manusia) yang diposisikan sebagai tenaga marketing, mengingat tenaga marketing yang ada di Toko Buku Diskon Togamas Malang saat ini sangat terbatas. Terlebih marketing merupakan ujung tombak bagi setiap perusahaan dan agar strategi public relation dapat berlangsung dengan semestinya, dan (4), Meningkatkan acara-acara yang berkaitan dengan public relation agar pengunjung bisa lebih banyak lagi yang mengunjungi Toko Buku Diskon Togamas Malang.