Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA MI DARUL ULUM REMBANG

L ISTIQOMAH

Abstrak


ABSTRAK

 

 

L.Istiqomah. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Paikem Untuk Meningkatakan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA  MI Darul Ulum Rembang Kabupaten Pasuruan.

Progaram Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, jurusan Kependidikan sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Pembimbing: (1). Dra. Hj. Sukamti, M. Pd. (2) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn.

 

Kata kunci: Pembelajaran PAIKEM, Hasil belajar IPA

 

                        Mata pelajaran IPA merupakan pelajaran yang dapat mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun kegiatan pembelajaran IPA di kelas IV MI Darul Ulum Rembang  Kabupaten Pasuruan  masih berpusat pada guru, sehingga aktivitas siswa tidak tampak dan hasil belajar siswa masih kurang dari standar ketuntasan minimal. Dengan menerapkan model pembelajaran Paikem maka akan mengakatifkan siswa, dan suasana pembelajaran akan menyenangkan bagi siswa. Sehingga hasil belajarnya akan meningkat.

                        Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah tentang peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Ulum Rembang Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian adalah (a) mendiskripsikan penerapan PAIKEM  mata pelajaran IPA di kelas IV MI Darul Ulum Rembang (b) mendiskripsikan hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Ulum Rembang dengan pembelajaran PAIKEM. Penelitian ini dilakukan di MI Darul Ulum Rembang Kabupaten Pasuruan. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darul Ulum Rembang, yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi  untuk mengetahui proses belajar siswa, dan tes  yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa secara individu maupun kelompok. Rancangan yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.

                        Dari hasil observasi diketahui bahwa: 1) dengan penerapan model Pembelajaran Paikem materi pokok bagian-bagian tumbuhan mata pelajaran IPA kelas IV MI Darul Ulum Rembang, prosen kegiatan pembelajaran berlangsung sangat baik dan mengalami peningkatan, karena adanya interaksi antara siswa dengan siswa dalam belajar kelompok, maupun adanya interaksi antara siswa dengan guru, serta adanya interaksi antara guru dan siswa. 2). Dengan penerapan Model Pembelajaran Paikem, hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Darul Ulum Rembang mengalami peningkatan. Pada Pra Tindakan rata-rata kelas adalah 52, kemudian pada pelaksanaan pembelajaran siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 69,35 dan pada pelaksanaan pembelajaran siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi  85,00. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV MI Darul Ulum Rembang Kabupaten Pasuruan.

                        Saran bagi guru/peneliti lanjut apabila akan menerapkan model pembelajaran Paikem hendaknya memperhatikan waktu, adanya tutor sebaya, mengingatkan kepada siswa tentang prosedur belajar kelompok, adanya pemajangan hasil belajar siswa pada setiap akhir pembelajaran.