Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS III SDN MADYOPURO IV KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

Yuniva Narbitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Narbitasari, Yuniva. 2009. Penerapan Keterampilan Memberi Penguatan  Dalam Pembelajaran Di Kelas III SDN Madyopuro IV Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Tugas Akhir, D-II Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Sutiek Sri Wuryaningsih.

 

Kata kunci : Penerapan, Keterampilan Memberi Penguatan

 

Keterampilan memberikan penguatan merupakan salah satu keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai guru untuk membantu siswa memenuhi kebutuhannya dalam mencapai perkembangan yang optimal pada pembelajaran. Guru memiliki kelebihan serta kekurangan dalam menerapkan penguatan karena kemampuan setiap guru berbeda-beda. Selain itu, masih ditemukan beberapa sikap guru yang kurang sesuai saat memberikan penguatan.

Keterampilan memberikan penguatan yaitu kecakapan yang harus dikuasai guru dalam memberikan penghargaan kepada siswa agar terdorong mengulangi kembali sikap positif dalam pembelajaran sehingga mencapai perkembangan secara optimal. Penghargaan tersebut antara lain penguatan verbal berupa kata atau kalimat pujian dan penguatan non verbal berupa penguatan gestural, kontak, dengan mendekati, kegiatan yang menyenangkan, simbol/benda dan tak penuh. Agar penguatan bermakna bagi siswa maka harus diberikan dengan sungguh-sungguh, bervariasi dan menghindari penggunaan respon negatif. Penguatan harus jelas diberikan kepada sasaran serta diberikan segera setelah siswa melakukan respon positif.

Metode yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini yaitu metode deskriptif kualitatif untuk menghasilkan data berupa uraian kata-kata. Teknik analisis data hasil penelitian yang digunakan berdasar pada analisis data model Miles dan Huberman. Sedangkan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.

Data yang diperoleh antaralain kelebihan guru kelas III SDN Madyopuro IV dalam menerapkan penguatan seperti memberikan penguatan dengan antusias dan hangat serta bermakna bagi siswa, memberikan penguatan yang bervariasi dan dengan segera pada siswa. Guru juga memiliki kekurangan dalam menerapkan penguatan seperti memberikan penguatan pada pribadi dalam kegiatan kelompok dan menggunakan respon negatif pada siswa yang menjawab salah. Penguatan positif membuat siswa bersemangat sedangkan penguatan negatif membuat sebagian siswa lebih bersemangat dan beberapa siswa lainnya tidak memperhatikan pembelajaran.

Berdasarkan data di atas disimpulkan bahwa setiap guru memilliki kelebihan dan kekurangan dalam menerapkan penguatan. Penguatan memiliki pengaruh positif dan negatif bagi siswa. Saran bagi guru harus memiliki pengetahuan yang banyak tentang keterampilan memberikan penguatan agar dapat menerapkannya dengan baik.