Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Validasi Model Pembelajaran Bermain Melalui Gerak dan Lagu untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini

AMALIA Uswatun Hasanah

Abstrak


ABSTRAK

 

Hasanah, Uswatun Amalia.2010. Validasi Model Pembelajaran Bermain Melali Gerak Dan Lagu Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini. Tugas akhir, diploma II Pendidikan Guru Taman kanak-kanak, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas negeri malang. Pembimbing tugas akhir. Dr. Musa Sukardi, M.Pd

 

Kata kunci : bermain, gerak dan lagu, kreativitas

Pendidikan taman kanak-kanak diperuntukkan bagi anak usia 4-6 tahun atau sebelum memasuki sekolah dasardan pendidikan ini sangat penting karena pada masa ini anak berkembang pada puncaknya. Penulis memvalidasikan model pembelajaran bermain melalui gerak dan lagu untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini, dan untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan yang ada pada anak seperti perkembangan fisik motorik, perkembangan seni, kognitif, bahasa dan perkembangan pembiasaan.

Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mengetahui validitas model pembelajaran bermain melalui gerak dan lagu untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini menurut ahli teknologi pembelajaran, ahli materi dan menurut audien.

Metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran ini adalah demonstrasi, menggunakan instrumen observasi dan angket yang ditujukan kepada ahli teknologi pembelajaran, ahli materi dan audien yang berjumlah 26 anak dari kelas B. masing-masing angket yang ditujukan kepada responden berjumlah 10 pertanyaan dan catatan.

Model pembelajaran yang dilakukan ini bebrtema alam semesta, sub tema bulan dan bintang digunakan untuk kelompok B semester 2 dan memerlukan waktu 30 menit di TK Al-Hidayah Darungan kademangan Blitar. Evaluasi dilakuakn setelah pembelajaran selesai meliputi proses pembelajaran (sikap tubuh anak, kesungguhan, minat dan kreativitas anak), dan evaluasi hasil pembelajaran (gerakan yang ditimbulkan, hasil karya gerak dan lagu, kreativitas anak yang keluar). Validasi dilaksanakan dan ditujukan kepada Ahli teknologi pembelajaran, ahli materi, dan audien yang berjumlah 26 anak. Dari hasil validasi yang menggunakan instrumen observasi dan angket kepada ketiga responden, hasil analisa data dari ahli teknologi pembelajaran dikategorikan sangat valid, ahli materi sangat valid, audien sangat valid.

Kesimpulan dari kegiatan bermain melalui gerak dan lagu untuk mngembangkan kreativitas anak usia dini ini adalah bahwa kegiatan pembelajaran bermain melalui gerak dan lagu ini baik dilakukan di TK. Ini diketahui dari hasil analisa data dari ketiga responden yang dikategorikan sangat valid. Dari hasil pengisian angket ketiga responden diperoleh data bahwa pembelajaran ini sesuai dengan kurikulum 2004, dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangan yang ada pada anak dan dapat mengembangkan kreativitas dan minat belajar anak.

Para pembeca diharapkan dapat memberikan masukan kepada penulis yang berupa kritik dan saran yang bersifat membangun. Untuk para guru pendidikan taman kanak-kank jangan berhenti berkarya.