Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Pembelajaran Peta Kabupaten Pasuruan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV Tentang Kegiatan Ekonomi dan Sumber Daya Alam DI SDN Ampelsari III Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan.

Surtini .

Abstrak


ABSTRAK

 

Surtini.     2010.  Penggunaan Media Pembelajaran Peta Kabupaten Pasuruan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV Tentang Kegiatan Ekonomi dan Sumber Daya Alam DI SDN Ampelsari III Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan KSDP, FIP, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Usep Kustiawan, M.Sn (2) Dra. Hj. Murtiningsih, M.Pd.

 

Kata Kunci: Peta, Hasil Belajar, IPS, SD

Hasil observasi ditemukan bahwa siswa di SDN Ampelsari III Kecamatan Pasrepan tidak pernah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media peta. Sebagian siswa merasa bosan dan kurang bergairah dalam pembelajaran sehingga siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan kelas 70%. Berdasarkan hal tersebut, pembelajaran dengan menggunakan media sangat tepat dan dianjurkan  sebagai alternative proses pembelajaran.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan cara memanfaatkan media peta Kabupaten tentang kegiatan ekonomi dan sumber daya alam mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Ampelsari Kecamatan Pasrepan. 2) Mendiskripsikan dampak penggunaan media peta Kabupaten terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Ampelsari III Kecamatan Pasrepan. 3) Mendiskripsikan hasil belajar siswa tentang kegiatan ekonomi dan sumber daya alam mata pelajaran IPS dengan menggunakan media peta Kabupaten.

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan MC.Taggart dengan 2 (dua) siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ampelsari III Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan tes. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara, pengamatan guru dan postes.

Hasil dari penelitian setelah dilakukan tindakan data menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada pra tindakan rata-rata 50,3. Pada siklus I mencapai rata-rata kelas 67,73, sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata kelas 91,36, sehingga ketuntasan belajar mencapai 100%

Kesimpulan ini sesuai dengan bab V dari penelitian ini yaitu penggunaan media peta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa dari pra tindakan mendapat rata-rata 50,3 menjadi 67,73 pada siklus I. Kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus II menjadi 91,36 dengan ketuntasan belajar 100%. Selanjutnya peneliti menyarankan kepada guru, agar dapat menggunakan media peta kabupaten setempat pada pembelajaran IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi dan sumber daya alam. Alokasi waktu untuk pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media perlu diperhatikan karena hal itu yang menentukan keberhasilan dari pembelajaran tersebut. Pembelajaran dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian-penelitian lain sebagai bahan perbandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.