Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI dengan Model Discovery di SDN Candirenggo 05 Singosari Malang.

Mudrikah .

Abstrak


ABSTRAK

 

Mudrikah. 2010. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI dengan Model Discovery di SDN Candirenggo 05 Singosari Malang. Jurusan KSDP Prodi PJJ S1 – PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing Drs. I Wayan Sutama, M.Pd.

 

Kata Kunci : Discovery, Perpindahan Energi Panas.

Pembelajaran IPA Kelas VI SDN Candirenggo 05 Kecamatan Singosari Kabupaten Malang kurang aktif dikarenakan guru masih menggunakan metode ceramah dan selalu mendominasi pembelajaran saat berlangsung. Pembelajaran berjalan monoton dan pada kahirnya hasil belajar kurang dari SKM.

Penelitian dilaksanakan di SDN Candirenggo 05 Singosari Malang. Kompetensi Dasar “ Perpindahan Energi Panas dengan Benda Nyata” kelas VI semester II tahun pelajaran 2009-2010, selama 2 minggu pada bulan maret, jumlah siswa 24 anak, laki-laki 11, perempuan 13, dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap Siklus 2 kali pertemuan (2 x 35 menit).

Untuk meningkatkan keaktifan siswa, kemampuan dan keberhasilan yang maksimal melalui pendekatan penerapan Discovery dalam pembelajaran IPA dengan Kompetensi Dasar Perpindahan Energi Panas dengan Benda Nyata pada siswa kelas VI semester II SDN Candirenggo 05 Kecamatan SIngosari Kabupaten Malang.

Pendekatan Penerapan Discovery Perpindahan Energi Panas dengan Benda Nyata bias mengaktifkan siswa meningkatkan kemampuan dalam keberhasilan pembelajaran, melaui metode ekperimen, demonstrasi, diskusi, dan metode lainnya yang bervariasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan Discovery, dapat meningkatkan keaktifan dan keberhasilan siswa pada pembelajaran Perpindahan Energi Panas dengan Benda Nyata, hasilnya pada Siklus 1 nilai rata-rata 6,375, pada Siklus 2 8,2.

Berdasarkan kesimpulan, hasil pengamatan terhadap temuan peneliti lakukan disampaikan saran antara lain :

1. Kepala Sekolah, sebaiknya membina guru-guru dalam mata pelajaran IPA tentang Perpindahan Energi Panas dengan pendekatan Discovery untuk meningkatkan kemapuan guru dan memahami konsep.

2. Bagi guru, dengan menerapkan pendekatan Discovery  pada IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

3. Bagi peneliti, agar kemampuan mendeskripsikan Perpindahan Energi Panas dengan Benda Nyata dapat meningkatkan kemampuan siswa yang maksimal.