Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pengalaman melalui Penggunaan Media Video di Kelas IV SDN Sukun 02 Kota Malang

Eko Permadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Permadi, Eko. 2010. Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Pengalaman Melalui Penggunaan Media Video Di Kelas IV SDN Sukun 02 Kota Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Muhana Gipayana, M.Pd, (2) Drs. Ahmad Badawi, M.Pd.

 

Kata kunci: Menulis Cerita Pengalaman, Media Video, SD

           Menulis cerita pengalaman adalah kegiatan menceritakan kejadian yang pernah dialami, dilihat, didengar, dan dirasakan seseorang baik secara langsung maupun tidak langsung dalam bentuk tulisan. Berdasarkan hasil pra tindakan, observasi dan wawancara, ditemukan banyak siswa mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran mengarang yang mengakibatkan kemampuan menulis cerita pengalaman sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) perencanaan  peningkatan kemampuan menulis cerita pengalaman melalui penggunaan media video di kelas IV SDN Sukun 02 Kota Malang, (2) implementasi menulis cerita pengalaman melalui penggunaan media video di kelas IV SDN Sukun 02 Kota Malang, (3) hasil peningkatan kemampuan menulis cerita pengalaman melalui penggunaan media video di kelas IV SDN Sukun 02 Kota Malang.

            Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukun 02 Kota Malang dengan jumlah siswa 40 orang. Lokasi penelitian adalah di SDN Sukun 02 Kecamatan Sukun Kota Malang. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif

Hasil Penelitian ini menunjukkan, (1) perencanaan pembelajaran menulis cerita pengalaman dengan menggunakan media video di kelas IV SDN Sukun 02 Kota Malang dilakukan dengan persiapan berupa RPP, LKS,  dan keping CD untuk video pertunjukkan Lumba-lumba dan seperangkat komputer di ruang perpustakaan, (2) implementasi pembelajaran menulis cerita pengalaman dengan menggunakan media video di kelas IV SDN Sukun 02 Kota Malang telah meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis baik dari efektifitas, suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan,  penggunaan pilihan kata serta penulisan ejaan dan tanda baca, (3) hasil pembelajaran menulis cerita pengalaman dengan menggunakan media video di kelas IV SDN Sukun 02 Kota Malang telah mampu meningkatkan kemampuan menulis cerita pengalaman dari nilai rata-rata 61 meningkat menjadi 74.

            Dari penelitian ini disarankan bagi, (1) guru dalam penyampaian materi pelajaran pada mata pelajaran lain, hendaknya menggunakan berbagai macam media pembelajaran, terutama media video, untuk meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa di kelas. (2) Peneliti lain, penggunaan media video bisa dikembangkan pada penelitian lain dengan media yang lebih inovasi dan mutakhir. (3) Lembaga pendidikan, hendaknya pengembangan metode dan media pembelajaran dioptimalkan dengan pelatihan maupun penataran untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan