Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pembelajaran Pendekatan karya Wisata di TK Dharma Wanita VII Kebonsari Malang

Riska A, W Murdahani

Abstrak


Murdahani, Riska, A, W. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Pendekatan Karya Wisata di TK Dharma Wanita VII Kebonsari Malang. Tugas Akhir. Fakultas Ilmu Pendidikan, Kependidikan Dasar dan Pra Sekolah, Program Diploma II Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak, Dosen Pembimbing Drs. I Wayan Sutama, M.Pd

 

Kata Kunci: pengembangan, model, pembelajaran, karya wisata di taman kanak-kanak

Taman kanak-kanak adalah salah satu bentuk pendidikan anak usia dini yang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian dan potensi diri sesuai dengan tahap pertumbuhan dan pengembangan anak usia 4-6 tahun. mengingat sebagian besar anak TK memiliki karakteristik yang suka bergerak, mudah beralih perhatian, cepat bosan dan suka dengan hal-hal yang baru. Dari pemikiran tersebut, maka penulis memilih sebuah kegiatan pembelajaran yang dapat merangsang minat belajar anak-anak, yaitu pembelajaran di luar kelas (field trip) atau yang dikenal dengan karya wisata atau wisata bermain

Tujuan pengembangan model pembelajaran adalah untuk mendeskripsikan tingkat validitas model pembelajaran. selain itu, anak dapat belajar untuk mengenal lingkungannya dan memberikan pengalaman nyata anak untuk memahami penerapan konsep-konsep sains dalam kehidupan nyata dan melihat secara langsung proses pembuatan makanan atau minuman. Selain itu, model pembelajaran ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket untuk divalidasi oleh Ahli Pembelajaran dan Ahli Materi yang masing-masing berisi 10 pertanyaan. Dari data yang dianalisis untuk dicari tingkat validitasnya, mak angket-angket ini dimaksudkan untuk dapat mengetahui tingkat validitasnya dari masing-masing validitor. Metode yang digunakan ini adalah metode simulasi yaitu suatu cara yang bersifat pura-pura.

Pengembangan Model Pengembangan Karya Wisata ini menurut ahli pembelajaran dinyatakan valid dengan hasil yaitu 77,5%, menurut ahli materi dinyatakan valid dengan hasil 75%, menurut pengguna dinyatakan valid dengan hasil 78%.

Model Pembelajaran Karya Wisata ini diperuntukkan bagi anak usia 5-6 tahun. Tingkat validitasnya menurut Ahli Pembelajaran dinyatakan valid dengan revisi, dengan hasil 77,5%, menurut ahli materi dinyatakan valid dengan revisi, dengan hasil 75%, menurut pengguna juga dinyatakan valid dengan revisi, dengan hasil 78%. menurut ahli pembelajaran tingkat keefektifitasan dan efisiensian pembelajaran karya wisata ini sudah cukup efektif dan cukup efisien,. fungsi dari pembelajaran ini untuk melatih anak agar dapat mengenal alam sekitar. dalam pelaksanaaan pembelajaran untuk guru diharapkan bisa mengembangkan pembelajaran ini menjadi suatu kegiatan yang dilaksanakan setiap semester dengan setiap tema. sebelum melaksanakan kegiatan ini, sebaiknya guru terlebih dahulu mengadakan survei terhadap lokasi karya wisata. untuk kepala sekolah diharapkan motivasi dan dukungan guru yang ingin melaksanakan pembelajaran yang baru  terhadap anak.