Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Ular Tangga Dalam Meningkatkan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Norma Kehidupan Pada Siswa Kelas III SDN Jetis II Nganjuk.

Suparmiati .

Abstrak


ABSTRAK

 

Suparmiati, 2010. Penggunaan Media Ular Tangga Dalam Meningkatkan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Norma Kehidupan Pada Siswa Kelas III SDN Jetis II Nganjuk. Ujian Akhir Program, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Harti Kartini, M. Pd

 

Kata Kunci: Media ular tangga, Pemahaman dan aplikasi konsep norma

Pembelajaran yang frekuensinya kurang. Hal ini diduga menjadi penghambat dalam proses pembelajaran yang hasil belajar belum mencapai ketuntasan minimal yang diharapkan yaitu 65 pada mata pelajaran PKn yang telah ditentukan oleh SDN Jetis II Nganjuk. Dengan demikian diperlukan media yang cocok digunakan untuk mendukung proses pembelajaran Pkn tentang moral. 

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PKn tentang norma dengan menggunakan media ular tangga siswa dan Untuk mendiskripsikan penggunaan media ular tangga dalam meningkatkan pemahaman dan aplikasi konsep norma kehidupan pada siswa kelas III SDN Jetis II Nganjuk

Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN Jetis II sebanyak dua siklus. Setiap siklus penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 13 anak perempuan.Indikator keberhasilan siswa telah tuntas belajar bila telah mencapai skor 65 % atau nilai 65, dan kelas disebut tuntas belajar bila dikelas tersebut terdapat 85 % yang telah mencapai rata-rata kelas 7,0.

Hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan media ular tangga pemahaman dan aplikasi konsep norma dalam kehidupan dapat ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang menunjukkan peningkatan dari siklus I diperoleh nilai dengan rata-rata 6,40 menjadi 9,12 pada akhir siklus II.

Berdasarkan temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media ular tangga pemahaman dan aplikasi konsep norma dapat ditingkatkan. Saran yang perlu disampaikan kaitannya dengan hasil penelitiaan ini adalah jika menggunakan media ular tangga dalam pembelajaran tentang norma hendaknya guru menguasai cara bermain ular tangga.