Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tentang SDA Pada Siswa Kelas V SDN Plosoharjo I Nganjuk

Puji RAhayu

Abstrak


ABSTRAK

Puji Rahayu, 2010. Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Tentang SDA Pada Siswa Kelas V SDN Plosoharjo I Nganjuk. Ujian Akhir Program, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Goenawan Roebiyanto M. Pd

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Siklus Belajar, Prestasi Belajar

Pembelajaran IPA selama ini masih menggunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada siswa sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Guru mengajar dengan metode konvensional yaitu metode ceramah dan mengharapkan siswa duduk, dengar, diam catat dan hafalkan. Sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Kondisi seperti itu tidak akan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia. Akibatnya nilai akhir yang diharapkan di kelas V selama ini siswanya masih kurang aktif dalam hal bertanya dan menjawab.Hal ini dibuktikan dengan hasil dari tes awal yang diberikan oleh peneliti adalah dari 20 siswa hanya 7 siswa yang mendapat nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran siklus belajar  siswa tentang SDA pada siswa kelas V SDN Plosoharjo I Nganjuk?(2) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran siklus belajar  dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa tentang SDA pada siswa kelas V SDN Plosoharjo I Nganjuk?. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan Penerapan model pembelajaran siklus belajar dalam mata pelajaran IPA tentang SDA pada siswa kelas V SDN Plosoharjo I Nganjuk. (2) Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran siklus belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar IPA tentang SDA pada siswa kelas V SDN Plosoharjo I Nganjuk

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari lembar observasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar obsrvasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: (1)  apabila rata-rata hasil belajar siswa diatas 7,5 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 85%, dengan ketuntasan individu sebesar 65.

Hasil belaajar siswa pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar sebesar rata 7,32  dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 60%, Jadi, hasil dari siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan. Hasil dari siklus II adalah nilai rata-rata 9, 25 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 95% . Hasil dari siklus II ini jelas  telah melampaui kriteria ketuntasan belajar yang mensyaratkan rata- rata hasil  tes minimal 7,5 dengan prosentase ketuntasan ≥ 85 %.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran siklus belajar dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa. Saran yang diajukan dalam kaitannya penelitian ini adalah guru dapat menerapkan model pembeajaran siklus beajar pada pembelajaran IPA tentang SDA.