Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Karya wisata untuk Meningkatkan Prestasi Belajar tema perdagangan pada siswa kelas V SDN Baron V Nganjuk

Mardjuni .

Abstrak


ABSTRAK

Mardjuni, 2010. Penerapan Metode Karya wisata untuk  Meningkatkan Prestasi Belajar tema perdagangan pada siswa kelas V SDN Baron V Nganjuk. Ujian Akhir Program, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Goenawan Roebiyanto M. Pd

 

Kata Kunci: Metode Karya Wisata, Prestasi Belajar

            Pembelajaran Bahasa Indonesia selama ini masih menggunakan paradigma yang lama, guru memberikan pengetahuan kepada siswa sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Guru mengajar dengan metode konvensional yaitu metode ceramah dan mengharapkan siswa duduk, dengar, diam, catat, dan hafalkan, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi monoton dan kurang menarik perhatian siswa. Kondisi seperti itu tidak akan meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran Bahasa Indonesia. Akibatnya nilai akhir yang diharapkan di kelas V selama ini siswanya masih kurang aktif dalam hal bertanya dan menjawab. Hal ini dibuktikan dengan hasil dari tes awal yang diberikan oleh peneliti adalah dari 20 siswa hanya 7 siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

 Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan metode Karya Wisata untuk meningkatkan prestasi belajar tentang tema perdagangan pada siswa kelas V SDN Baron V Nganjuk. (2) Mendeskripsikan penggunaan metode karya wisata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema perdagangan pada siswa kelas V SDN Baron V Nganjuk.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari lembar observasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar obsrvasi. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: (1)  apabila rata-rata hasil belajar siswa di atas 7,0 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 85%, dengan ketuntasan individu sebesar 65.

Hasil peneltian siswa pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar sebesar rata 7,70  dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 65%, Jadi, hasil dari siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan. Hasil dari siklus II adalah nilai rata-rata 9, 25 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 95% . Hasil dari siklus II ini jelas  telah melampaui kriteria ketuntasan belajar yang mensyaratkan rata- rata hasil  tes minimal 7,5 dengan prosentase ketuntasan ≥ 85 %.

            Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan meode karya wisata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema perdagangan.      Saran yang perlu disampaikan kaitannya dengan hasil penelitian ini adalah Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan tema Perdaganngan guru disarankan menggunakan metode Karya wisata.