Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MENEMUKAN KESALAHAN PENULISAN EJAAN DALAM KARANGAN NARASI KELAS V SDN SE-GUGUS RANDUAGUNG SINGOSARI KABUPATEN MALANG

ZUNAINA ISTIQOMAH HIDAYATI

Abstrak


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa menemukan kesalahan penulisan ejaan dalam karangan narasi kelas V SDN Se-Gugus Randuagung Singosari Kabupaten Malang. Variabel-variabel kesalahan penulisan ejaan tersebut diantaranya pemakaian huruf kapital, penulisan kata depan, dan pemakaian tanda baca. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu kemampuan siswa kelas V SDN Se-Gugus Randuagung Singosari Kabupaten Malang menemukan kesalahan pemakaian huruf kapital dan penulisan kata depan dalam karangan narasi berkategori baik, sementara kesalahan pemakaian tanda baca berkategori cukup.

Kata kunci: Analisis kemampuan, Siswa Menemukan, Kesalahan Penulisan, Ejaan, Karangan Narasi.

Abstract

This study aims to determine the level of understanding students find spelling writing errors in the narrative essay 5th grade elementary school of a cluster of Randuagung Singosari Malang Regency. The variables of spelling writing errors include the use of capital letters, prepositions, and the use of punctuation. The results obtained from this study are the ability of fifth grade students of elementary school of a cluster of Randuagung Singosari Malang Regency to find capital letter usage errors and the writing of prepositions in a well-written narrative essay, while punctuation errors are sufficient.

Key Word: Capability analysis, Students Find, Writing errors, Spelling, Narrative essays