Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN Tirtomoyo 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

Kholifah Nur

Abstrak


RINGKASAN

Kholifah, Nur. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Bentuk Soal Cerita Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SDN Tirtomoyo 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Goenawan Roebyanto, M.Pd., (II) Yulia Linguistika, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah, matematika, soal cerita, bangun datar

Berdasarkan hasil observasi pada kelas IV SDN Tirtomoyo 2 diketahui bahwa tingkat kemampuan menyelesaikan soal cerita setiap siswa berbeda-beda. Siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika juga tidak selalu urut dengan prosedur yang sudah dijelaskan. Terdapat banyak siswa yang mengerjakannya hanya menuliskan hasil akhir, tidak melewati tahap-tahap seperti menuliskan apa yang diketahui ditanya dan kesimpulan jawaban. Akan tetapi guru masih belum mengetahui kemampuan matematika siswa yang perlu ditekankan kembali dalam menyelesaikan suatu soal cerita, baik menurut Polya maupun empat aspek kemampuan matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika bentuk soal cerita materi bangun datar berdasarkan langkah Polya dan empat aspek kemampuan matematika siswa kelas IV SDN Tirtomoyo 2 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

Penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Sebelum instrumen soal tes digunakan di lapangan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas.

Hasil penelitian kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar kelas IV SDN Tirtomoyo 2 sebagai berikut:

(1) kemampuan siswa pada tahap memahami masalah yaitu sebesar 63,5%.;

(2) kemampuan siswa tahap merencanakan penyelesaian yaitu sebesar 73,5%;

(3) kemampuan siswa pada tahap menyelesaikan rencana penyelesaian yaitu sebesar 75,5%;

(4) kemampuan siswa tahap memeriksa kembali yaitu sebesar 17,5%.;

(5) kemampuan siswa pada aspek pemahaman matematik  yaitu sebesar 75%;

(6) kemampuan siswa pada aspek strategi pemecahan masalah yaitu sebesar 81%;

(7) kemampuan siswa pada aspek menjelaskan yaitu sebesar 79,5%;

(8) kemampuan siswa pada aspek akurasi jawaban yaitu sebesar 57%.

 

Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN Tirtomoyo 2 dalam menyelesaikan permasalahan matematika pada materi bangun datar secara parsial memiliki kemampuan cukup yaitu dengan persentase 65,31 %. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah siswa secara integral menunjukkan kriteria baik sebesar 73,125%. Disarankan guru untuk membiasakan siswa menyelesaikan soal dengan terstruktur. Selain itu, empat aspek matematika juga harus lebih ditekankan lagi terutama mengenai pemahaman matematika seperti operasi pembagian, perkalian, penjumlahan dan pengurangan.