Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi melalui Teknik Peer Correction pada Siswa Kelas II SDN Bandungrejosari I Kota Malang

TASYAKURANTI RIFIERA TRESTA

Abstrak


RINGKASAN

Tasyakuranti, Rifiera Tresta. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi melalui Teknik Peer Correction pada Siswa Kelas II SDN Bandungrejosari I Kota Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ratna Trieka A, S.Pd. M.Pd , (II) Dra.Nihayati, S.Pd. M.Pd.

 

Kata Kunci:Menulis, Karangan Narasi,Teknik Peer Correction

Hasil penilaian akhir terhadap karangan narasi siswa dalam kegiatan pratindakan yang dilakukan peneliti di kelas IIA SDN Bandungrejosari 1 Kota Malang menunjukkan bahwa hanya 13 siswadari 28 siswa yang tuntas mencapai standar ketuntasan minimal (SKM), dengan nilai rata-rata klasikal 66.Nilaiyang tidak tuntas dikarenakan masih banyak siswa yang melakukan kesalahan. Misalnya hasil karangan yang tidak runtut dan banyak kesalahan pada aspek mekanik. Selain itu, guru saat pelaksanaan pembelajaran menulis masih belum menggunakan teknik tertentu. Berdasarkan data hasil penilaian dan wawancara terhadap pelaksanaan pembelajaran, maka keterampilan menulis siswa dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas II perlu ditingkatkan.

Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu

(1) bagaimana penerapan pembelajaran dengan teknik peer correction untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dalam aspek isi karangan dan aspek mekanik pada siswa kelas II SDN Bandungrejosari I Kota Malang?, dan

(2) apakah teknik peer correction dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dalam aspek isi karangan dan aspek mekanik pada siswa kelas II SDN Bandungrejosari I Kota Malang?

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatifdeskriptif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas IIA SDN Bandungrejosari I kota Malang yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian proses siswa dalam pembelajaran, dan lembar penilaian hasil karangan siswa.

 

Penerapan teknik peer correction pada pembelajaran menulis karangan narasi dilaksanakan pada tahapanrevising dan editing. Teknik peer correction membantu siswa menyadari kesalahan pada karangannya dan memberikan pengalam belajar yang bervariasi. Hasil penilaian akhir keterampilan menulis karangan narasi siswa meningkat di setiap siklus. Ketuntasan siswa meningkat dari 46,42% pada pratindakan, menjadi 60,71% pada tindakan Siklus I, dan meningkat kembali menjadi 82,14% pada tindakan Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan teknik peer correction dapat meningkatkan hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa. Selain itu, dapat membelajarkan siswa menjadi pembaca dan penulis yang kritis serta memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan kepada guru untuk menggunakan teknik peer correction dalam pembelajaran menulis karangan narasi secara berkelanjutan.