Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Teks Non Sastra dalam Buku Siswa SD Kelas IV Tema Cita-citaku dengan Menggunakan Kriteria SMOGnaa

Karismatik Tri Indah

Abstrak


RINGKASAN

Karismatik, Tri Indah. 2019. Analisis Teks Non Sastra dalam Buku Siswa SD/MI Kelas IV Tema Cita-citaku dengan Menggunakan Kriteria SMOG. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidkan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Achmad Taufiq, M.Pd., (II) Drs. Heru Agus Tri Widjaja, M.Pd

 

Kata Kunci: Teks Non Sastra, SMOG

Penelitian ini dilatar belakangi pada saat peneliti melaksanakan KPL di SDN Polehan 5 Kota Malang terdapat 10 siswa dari 17 siswa yang masih belum bisa memahami isi teks secara mendalam dan belum mendapat informasi penting dari teks yang dibaca. Hal tersebut dapat menimbulkan praduga diantaranya kompetensi membaca yang dimiliki siswa kurang dan dapat juga disebabkan oleh tingkat keterbacaan teks pada buku siswa yang berada pada tingkat rendah. Pada penelitian sebelumya, terdapat ketidaksesuaian keterbacaan pada buku siswa kelas V semester 2 dengan kriteria SMOG. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif dengan variasi analisis isi karena ditujukan untuk mengetahui makna, hubungan antara berbagai konsep maupun hasil mengenai kesesuaian teks non sastra dalam buku siswa kelas IV tema cita-citaku dengan menggunakan kriteria SMOG. Penelitian ini menghasilkan suatu data yang kemudian dideskripsikan dalam bentuk kata-kata.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterbacaan teks  non sastra dalam buku siswa SD/MI Kelas IV tema cita-citaku dengan menggunakan kriteria SMOG hanya mencapai 5,0% yang tergolong sangat kurang sesuai karena hanya terdapat 1 dari 20 teks non sastra yang sesuai dengan siswa usia 10 tahun (kelas IV SD/MI).

 

Dapat disimpulkan bahwa jika dilihat dari kriteria SMOG, tingkat keterbacaan teks  non sastra pada buku siswa SD/MI kelas IV tema cita-citaku tidak sesuai dengan siswa kelas IV SD (usia 10 tahun). Saran yang dapat diberikan kepada penyusun buku hendaknya lebih memperhatikan tingkat keterbacaan suatu teks menggunakan kriteria SMOG. serta bagi guru hendaknya lebih teliti dalam memilih teks bacaan yang ada pada buku siswa maupun buku teks bagi siswa.