Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Keterbacaan Teks Non Fiksi pada Buku Siswa Kelas IV Semester 1 dengan Menggunakan Formula Grafik Fry

Ramadhani Siti Amalia

Abstrak


RINGKASAN

Ramadhani, SitiAmalia. 2019. Analisis Keterbacaan Teks Non Fiksi Pada Buku Siswa Kelas IV SD Semester 1 Dengan Menggunakan Formula Grafik Fry. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Achmad Taufiq, M.Pd.,(II)Drs. Heru Agus Tri Widjaja,M. Pd.,

 

Kata kunci:Keterbacaan, Buku Siswa, Formula Grafik Fry

Latar belakang penelitian ini diperoleh pada saat melaksanakan KPL di SDN Rampal Celaket 2 Malang diperoleh adanya siswa kelas IV yang masih kurang memahami keterbacaan sebuah teks non fiksiyang telah dibaca, saat diminta untuk membaca buku siswa kelas IV SD semester 1 yang berjudul “Pawai Budaya. Hal itu, dapat menimbulkan praduga diantaranya kompetensi membaca yang dimiliki siswa kurang (masih rendah) dan dapat disebabkan oleh tingkat keterbacaan teks pada buku siswa yang berada pada peringkat rendah.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci mengenai kesesuaian teks non fiksi yang terdapat dalam buku siswa kelas IV SD semester 1menggunakan Formula Grafik Fry. Penelitian ini menghasilkan data yang kemudian data tersebut dideskripsikan dalam bentuk kata-kata atau menjelaskan peristiwa dan kejadian pada masa sekarang. Termasuk dalam metode alamiah yang bertujuan guna memahami fenomena-fenomena yang dialami oleh subjek penelitian.

Hasil penelitian dinyatakanbahwa dari 23 teks non fiksi yang terdapat pada buku siswa kelas IV SD semester 1karangan Angi,st. Anggari, dkkyang telah dianalisis menggunakan Formula Grafik Fry, teks non fiksi yang ada dalam buku siswa tidak ada yang sesuai dengan kelas pembaca, yaitu Kelas IV SD. Terdapat 3 teks non fiksi level 7 tingkat pembaca (VI SD, VII SMP, VIII SMP), 8 teks non fiksi level 8 tingkat pembaca (VII SMP, VIII SMP, IX SMP), 4 teks non fiksi level 9 tingkat pembaca (VIII SMP, IX SMP, X SMA), 1 teks non fiksi level 10 tingkat pembaca (IX SMP, X SMA, XI SMA), 4 teks non fiksi level 11 tingkat pembaca (X SMA, XI SMA, XII SMA), 2 teks non fiksi level 12 tingkat pembaca ( XI SMA, XII SMA dan Collage). Kemudian ada 1 teks non fiksi yang tidak dapat dianalisis menggunakan Formula Grafik Fry karena jumlah suku kata melebihi batas level, yaitu collage (Perguruan Tinggi).

Saran pada penelitian ini tertuju

(1) Bagi penerbit buku, hendaknya  penerbit buku siswa kelas IV SD diharapkan tingkat keterbacaan buku siswa tersebut sesuai dengan tingkat pembaca, agar siswa lebih mudah mengerti, dan menangkap informasi, serta memahami buku.;

(2) Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya ditujukan peneliti selanjutnya, menjadikan penelitian ini sebagai acuan dalam penelitian sejenisnya, dan juga menganalisis tingkat keterbacaan buku siswa pada kelas yang berbeda, sehingga menemukan perbedaan yang sesuai dengan tingkat pembaca/kelas pembaca.; dan 

(3) Bagi guru, hendaknya kepada guru kelas IV SD, guru harus mengetahui kelayakan teks

 

yang ada dalam Buku Siswa, sehingga guru bisa merangkum teks jika teks tersebut terlalu sulit untuk dipahami oleh siswa-siswi.