Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Penerapan Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran di Kelas V SDN Lesanpuro 4 Kota Malang

Khrisna Pradana

Abstrak


ABSTRAK

 

Pradana, Khrisna. 2018. Analisis Penerapan Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran di Kelas V SDN Lesanpuro 4 Kota Malang. Skripsi. Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Harti Kartini, M.Pd, (II) Putri Mahanani, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci:  Analisis Nilai-nilai, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

 

Terjadi beberapa perilaku menyimpang di masyarakat Indonesia, misalnya berita perkelahian antar pelajar, pornografi, pengeroyokan, geng motor, serta masih banyak lagi. Hal ini telah menyimpang dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan norma kehidupan. Hal ini telah menyimpang dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan norma kehidupan. Sumber daya manusia yang ada harus dipersiapkan sebaik mungkin sejak dini. SDN Lesanpuro 4 Kota Malang merupakan salah satu sekolah di Kota Malang yang sudah menerapkan pendidikan karakter. Sekolah sebagai penyelenggara pendidikan diharapkan dapat menerapkan pendidikan karakter melalui berbagai kegiatan salah satunya pembelajaran di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan nilai karakter yang muncul dalam kegiatan pembelajaran.

Pendekatan yang digunakan ialah kualitatif. Sumber data berupa dari kepala sekolah, guru, siswa dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu mengecek data pada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter dalam pembelajaran diintegrasikan melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan di kelas selama pembelajaran. Karakter religius diintegrasikan melalui kegiatan berdoa dan saling menghargai sesama siswa. Karakter nasionalis diintegrasikan melalui kegiatan menyanyikan lagu wajib dan lagu daerah. Karakter mandiri diintegrasikan melalui kegiatan mengerjakan soal mulai awal hingga akhir pembelajaran. Karakter gotong royong diintegrasikan melalui kegiatan kelompok. Karakter integritas diintegrasikan melalui kegiatan pembiasaan yang dilakukan oleh guru yaitu kegiatan mengerjakan tugas secara mandiri untuk melatih kejujuran.

Pelaksanaan pendidikan karakter di dalam kelas di laksanakan dan di kelola oleh guru kelas dengan baik. Penanaman nilai karakter dilakukan guru melalui berbagai kegiatan dari awal hingga akhir pembelajaran. Akan tetapi belum semua siswa menerima dengan baik karakter yang ditanamkan oleh guru. Oleh karena itu disarankan semua guru lebih sering memberikan reward apabila siswa dapat menunjukkan karakter atau punishment apabila ketika siswa menunjukkan perilaku menyimpang, sehingga siswa akan malu dan jera apabila mengulangi kesalahannya kembali.