Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Buku Siswa Tema Indahnya Kebersamaan Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas IV Sekolah Dasar

Binti Rohmah

Abstrak


ABSTRAK

 

RANGKUMAN

Rohmah, Binti. 2018. Analisis Buku Siswa Tema Indahnya Kebersamaan Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Suhel Madyono, S.Pd, M.Pd (2) Prof. Dr. H. M Zainuddin, M.Pd.

Kata Kunci: analisis, buku siswa, pendekatan saintifik

Hampir semua institusi pendidikan menggunakan buku ajar sebagai salah satu sumber belajarnya. Isi dari buku ajar disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Buku ajar yang digunakan di Sekolah Dasar yang menerapkan Kurikulum 2013 adalah buku siswa yang dikeluarkan pemerintah. Buku Siswa disajikan dalam bentuk tematik dan terbagi dalam beberapa subtema dan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang dianjurkan dalam Kurikulum 2013 adalah Pendekatan Saintifik. Pendekatan Saintifik meliputi lima pengalaman belajar yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi /mencoba, menalar/meng-asosiasi, dan mengkomunikasikan (5M). Pembelajaran pada pendekatan ini bersifat induktif, dimana siswa diajak untuk mengamati suatu fenomena, menalar dan menarik kesimpulan dari hal tersebut.

Kompetensi Dasar yang dikembangkan di dalam buku siswa Tema “Indahnya Kebersamaan” telah sesuai dengan kurikulum, silabus, dan Buku Guru. Dalam muatan IPA KD 3.6 dan KD 4.6 untuk langkah mengamati dan menanya tidak terdapat pada kegiatan pembelajaran didalam silabus. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya analisis lebih lanjut terhadap isi Buku Siswa kelas IV tema 1 “Indahnya Kebersamaan” berdasarkan kesesuaian dengan Pendekatan Saintifik. Penelitian ini untuk menganalisis kemunculan dan urutan kegiatan pembelajaran berdasarkan Pendekatan Saintifik pada Buku Siswa Kelas IV Tema “Indahnya Kebersamaan”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dan jenis penelitian analisis isi pada penelitian deskriptif. Proses analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan /verifikasi.

Hasil analisis kemunculan langkah mengamati 100% dengan kriteria sangat sesuai, langkah menanya 100% dengan kriteria sangat sesuai, langkah mencoba 100% dengan kriteria sangat sesuai, langkah menalar 100% dengan kriteria sangat sesuai, dan langkah mengkomunikasikan 66,67% dengan kriteria sesuai. Hasil analisis urutan kegiatan pembelajaran jumlah skor 111 atau 51,36% dengan kriteria cukup sesuai.  Dari kegiatan analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa buku siswa hasil revisi tahun 2017 telah layak digunakan sebagai pegangan pembelajaran, namun disarankan kepada guru yang menggunakan buku tersebut untuk lebih mengembangkan aktivitas langkah kegiatan mengkomunikasikan dalam pembelajaran di kelas.