Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III TEMA 6 SUBTEMA 2 SDN BUNULREJO 5 KECAMATAN BLIMBING KOTA MALANG

Deasfita Rohmatusshoumi Fitriyana

Abstrak


ABSTRAK

 

Fitriyana, Deasfita, R. 2017. Penerapan Model Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Proses dan Hasil BelajarSiswa Kelas III di SDN Bunulrejo 5 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi, Program Sarjana S1–Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. (I) Dr. Sutarno.M.Pd (II) Drs.M.Imron Rosyadi.S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: Numbered Head Together, Aktivitas dan hasil belajar.

Dikarenakan kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran serta kurang bertanggungjawabnya siswa terhadap tugas yang di berikan oleh guru.Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti aktivitas dan hasil belajar siswa saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah 1) Pembelajaran dari penerapan model Numbered Head Together; 2)Penerapan model Numbered Head Together dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Bunulrejo 5 Kecamatan Blimbing Kota Malang; 3) Penerapan model Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Bunulrejo 5 Kecamatan Blimbing Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif dan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Numbered Head Together menggunakan siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus pada tema Indahnya Persahabatansubtema Tumbuhan Sahabatku dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Bunulrejo 5 yang berjumlah 25 siswa.Numbered Head Togetheradalah suatu model pembelajaran yang menggunakan nomor kepala dan dipasangkan atau dipakai oleh siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan: (1) aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 58,95% meningkat menjadi 79,44% pada siklus II,(2) hasil nilai siswa meningkat dimulai dari pratindakan hingga siklus Iyaitu pada pratindakan 23% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan oleh peneliti, pada siklus I meningkat menjadi 55%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85%.Berdasarkan paparan diatas peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Dari proses pembelajaran dapat disimpulkan bahwa siswa menjadi lebih aktif dan hasil nilai yang diperoleh meningkat setelah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas 3 SDN Bunulrejo 5 Kota Malang.

 

ABSTRACT

Fitriyana, Deasfita, R. 2017. Application of Numbered Head Together (NHT) Model to Improve Process and Learning Outcomes of Class III Students at SDN Bunulrejo 5 Blimbing Sub-district of Malang City.Thesis, Undergraduate Program - Elementary School Teacher Education, Department of Primary and Preschool Education, Faculty of Education, State University of Malang.(I) Dr. Sutarno.M.Pd (II) Drs. M. ImronRosyadi.S.Pd, M.Pd.

 

Keywords:Numbered Head Together, Activity and Learning Outcomes.

Due to the lack of student activeness in the lesson and less responsibility of students to the task given by the teacher. This study was conducted to examine the activities and learning outcomes of students during the learning. The purpose of this research is 1) Learning from application of model Numbered Head Together; 2) Application of Numbered Head Together model in improving student learning activity of class III SDN Bunulrejo 5 Blimbing District Malang City; 3) Application of Numbered Head Together model in improving student achievement class III SDN Bunulrejo 5 District Blimbing Malang City.

This research uses descriptive-qualitative design and used is Classroom Action Research (PTK) with Numbered Head Together model using a cycle consisting of planning, implementation, observation, and reflection. This research was conducted in 2 cycles on the theme of Friendship Friendship subtheme of Sahabatku with the subject of the students of class III SDN Bunulrejo 5, which amounted to 25 students. Numbered Head Together is a learning model that uses head numbers and is paired or used by students during the learning process.

 

The results showed that the application of Numbered Head Together model can increase: (1) student activity on the first cycle average 58.95% increased to 79.44% in cycle II, (2) the result of student value increased starting from pratindakan until cycle I Ie on the pratindakan 23% of students who achieve the Minimum Criterion Question (KKM) set by the researchers, in the first cycle increased to 55%, and in the second cycle increased to 85%. Based on the above exposure, the researcher concludes that the application of Numbered Head Together model can improve the process and result of student learning. From the learning process can be concluded that the students become more active and the results obtained values ​​increased after the implementation of the model of learning Numbered Head Together on grade 3 students SDN Bunulrejo 5 Malang.