Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PELAKSANAAN SENI TARI PADA MUATAN PELAJARAN SBDP DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD PLUS RAHMAT KOTA KEDIRI

Nurul Azizah

Abstrak


ABSTRAK

 

Azizah. 2017. Pelaksanaan Seni Tari pada Muatan Pelajaran SBdP dalam

Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Plus Rahmat Kota Kediri. Skripsi, Progam Studi S1-PGSD. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Retno Tri Wulandari, S.Pd., M.Pd, (II) Dra. Sri Sugiharti, M.Pd.

 

Kata kunci: pelaksanaan seni tari, pembelajaran tematik terpadu. Mata pelajaran seni budaya pada bidang seni tari sampai saat ini belum dilaksanakan secara maksimal di Sekolah Dasar, karena sekolah masih menempatkan pelajaran tari sebagai materi yang bukan diberikan kepada siswa sebagai materi pelajaran wajib. Pada pergantian kurikulum dari KTSP menjadi kurikulum 2013 pembelajaran di sekolah dasar berubah menggunakan tematik integratif, maka seni budaya termasuk seni tari merupakan pelajaran yang masuk didalam tema, dan subtema sesuai dengan kompetensi dasar. SD Plus Rahmat merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan seni tari yang terintegrasi dalam pembelajaran tematik pada kurikulum 2013. Tujuan Penelitian ini yaitu mendiskripsikan perencanaan pelaksanaan seni tari pada muatan pelajaran SBdP dalam pembelajaran tematik, mendiskripsikan pelaksanaan seni tari pada muatan pelajaran SBdP dalam pembelajaran tematik, serta mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan seni tari pada muatan pelajaran SBdP dalam pembelajaran tematik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian berupa survei. Teknik yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Tahap analisis data yang digunakan yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini: (1) perencanaan pembelajaran seni tari pada muatan pelajaran SBdP dalam pembelajaran tematik berupa RPP. Penyusunan rpp yang dilakukan guru sudah baik dan lengkap, namun dalam perumusan tujuan guru tidak memperhatikan aspek ABCD (audience, behaviour, condition, degree), (2) pelaksanaan seni tari yang dilakukan oleh guru tersebut kurang sesuai dengan perencanaan pembelajaran, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran seni tari disebabkan oleh faktor guru, siswa, sarana dan prasarana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan seni tari pada muatan pelajaran SBdP dalam pembelajaran tematik kelas IV SD Plus Rahmat perlu adanya perbaikan pada perencanaan, pelaksanan. Saran umum yang dapat diberikan dalam pelaksannaan seni tari pada muatan pelajaran SBdP yaitu pada pelaksanaan hendaknya guru dapat memperbaiki perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran seni tari, serta bagi kepala sekolah untuk memaksimalkan penyediaan media dalam pembelajaran seni tari.