Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan Bangun Geometripada Pembelajaran Kecerdasan Visual Spasial untuk Anak Kelompok A TK Kartika IV-8 kabupaten Jember

Viska Mei Arini

Abstrak


ABSTRAK

 

Arini, Viska Mei. 2016. Pengembangan Permainan Bangun Geometri pada Pembelajaran Kecerdasan Visual Spasial untuk Anak Kelompok A TK  Kartika IV-8 kabupaten Jember. Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Pendikan Anak Usia Dini. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Made Seken, M.Pd, (II) LeniGonadi, S.Pd.,M.Pd.

 

Kata Kunci: AnakKelompok A,  permainan  Bangun Geometri, Kecerdasan visual spasial.

Permainan bangun geometri merupakan permainan untuk pembelajaran visual spasial anak kelompok A di TK Kartika V-8 Jember. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan pembelajaran yang dilakukan cenderung didalam kelas, yang  mana dalam setiap pembelajaran  guru tidak mencantumkan aspek kecerdasan visual-spasial dilihat pada saat pembelajaran kurangnya pemanfaatan alat permainan. Kurang kreatifnya guru dalam pemanfaatan permainan, sehingga  anakcenderungcepatbosandenganpembelajaran yang diberikan oleh guru, sehingga peneliti membuat alternatif permainan untuk digunakan sebagai sarana pembelajaran yang mudah, menyenangkan dan aman bagi anak.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa permainan Bangun Geometri yang diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dari segi tujuan, isi dan desain untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial dalam mengenalkan bentuk geometri untuk anak TK Kelompok A. Serta dapat menambah aktivitas di sekolah yang menyenangkan, mudah dilakukan anak, dan tidak membahayakan, sehingga anak dapat aktif dalam pembelajaran

Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg & Gall.pengembangan pembelajaran kecerdasan visual-spasial melalui permainan geometri di TK Kartika IV-8 Jember, peneliti menggunakan 7 langkah prosedur penelitian dan pengembangan R&D. Penelitian ini berlangsung dalam skala kecil (hanya 1 sekolah) dan tidak dilakukan uji secara luas dan tidak di distribusikan secara meluas cukup untuk kalangan internal sekolah dikarenakan keterbatasan waktu dan durasi waktu yang terbatas melakukan penelitian di lebihdari 1 sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif  berupa presentase.

 

Kesimpulan penelitian dan pengembangan produk Permainan Bangun Geometri dalam pembelajaran kecerdasan visual spasial menurut ahli materi pembejaran masuk dalam kategori sangat valid (dapat digunakan  sedangkan menurut  ahli permainan anak usiadini masuk dalam kategori sangat valid (dapat digunakan). Berdasarkan hasil pengembangan disarankan agar media ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam proses pembelajaran kecerdasan visual-spasial. Hasil keseluruhan dari uji coba kelompok kecil dalam permainan geometri mendapatkanpersentase rata-rata sebesar 97.2%. Padaujikelompokbesardalampermainangeometrimendapatkanpersentasesebesar 96,3%, sehinggaprodukPermainanGeometridapatdigunakansebagaisalahsatualternatifprodukpembelajaran visual spasial.