Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Kemampuan berbicara Anak Kelompok A dengan Menggunakan Metode Bercerita di TK Dharma Wanita Persatuan 5 Kecamatan Gempol

Nanda Amalia Laili

Abstrak


ABSTRAK

 

Laili, Nanda Amalia. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A Dengan Menggunakan Metode Bercerita Di Tk Dharma Wanita Persatuan 5 Kecamatan Gempol. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Tomas Iriyanto S.Pd., M.Pd, (II) Eny Nur Aisyah S.Pd.I., M.Pd.

 

Kata Kunci: Anak Kelompok A, Kemampuan Berbicara, Metode Bercerita

 

Hasil observasi pada kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan 5 Kecamatan Gempol, menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak kelompok A belum berkembang optimal. Hal ini dapat dilihat dari 20 anak terdapat 12 anak mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan berbicara. Rumusan penelitian ini yaitu bagaimana penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak, apakah terdapat peningkatan kemampuan berbicara anak melalui penerapan metode bercerita.                                                                                  Penelitian tindakan kelas ini membahas tentang perkembangan bahasa anak khususnya perkembangan berbicara anak. Pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak menggunakan metode bercerita.                     Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian berjumlah 20 anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan 5 Kecamatan Gempol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar penilaian, pedoman wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan.                                                                                                                Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A TK Dharma Wanita Persatuan 5 Kecamatan Gempol. Hal ini dibuktikan melalui peningkatan capaian perkembangan anak pada pra tindakan 40% menjadi 45%. Kemampuan berbicara anak berkembang sangat baik pada siklus II mencapai 80% atau meningkat sebanyak 35% dari siklus I.                                                                            Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan kegiatan bercerita dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Peneliti juga memberikan saran bagi peneliti lain untuk mengembangkan kegiatan bercerita dalam meningkatkan kognitif, bahasa, atau senidemi pemahaman yang lebih baik dalam penerapannya.