Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

kreatifitas menggambar anak kelompok B di TK Kartika IX.42 Yonkav 8 Beji Pasuruan

Rika Nurnailli

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurnailli, Rika. 2017. KreatifitasMenggambarAnakKelompok B Di TK Kartika  IX.42 Yonkav 8 BejiPasuruan. Skripsi, Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang Pembimbing: (1) Drs. Ahmad Samawi, M.Hum (2) Retno Tri Wulandari, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: KreatifitasAnakKelompok B, Menggambar

Pelaksanaan pendidikan yang dapat menumbuhkankreatifitas dilaksanakan pada kegiatan belajar mengajar, salah satunya melalui kegiatanmenggambar. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di TK Kartika IX.42 Yonkav 8 Beji, penelitiingin menemukan bahwakreatifitasanakdenganlatarbelakangkeluargamilitermerekatidakmengalamihambatanuntukmengekspresikankreatifitasnya.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahuibagaimanaperkembangankreatifitasmenggambaranakkelompok B di TK Kartika IX.42 Yonkav 8 BejiPasuruan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di TK Kartika IX.42 Yonkav 8, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Sumber data penelitian ini adalah manusia, peristiwa, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa kreatifitasanakdalam pembelajaranmenggambarpadaanakkelompok B dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan,dan penilaianperkembangankreatifitas. Pembelajaranmenggambartidakdinilaidenganangkamelainkansesuaihasilperkembangankreatifitasmenggambaranak, dansetiapanakberbedapenilaiannya.

Berdasarkan analisis data yang dilakuakan, diperoleh kesimpulan hasil penelitian, yaitu: 1) Perencanaanpembelajaranmenggambaranakkelompok B di TK Kartika IX.42 Yonkav 8 Beji adalah dengan menyiapkan indicator perkembangan, Promes, RPPM, RPPH dan bahan ajar.2) Pelaksanaanpembelajaranmenggambaranakkelompok B di TK Kartika IX.42 Yonkav 8 Beji yaitu kegiatan inti digantidengankegiatanmenggambar. Untukpembukadanpenutupsesuaidengan RPPH.3) Perkembangankreatifitasmenggambaranakkelompok B di TK Kartika IX.42 Yonkav 8 Bejikarakter yang tampakadalahkesesuaian gambar dan warna, serta jika dia membuat gambar yang berbeda dan warna berbeda mereka mempunyai alasan untuknya.

 

Berdasarkan penelitian di atas, saran yang diajukan yaitu Sebaiknya guru lebih mengarahkan pada pembelajaran mengambarkreatif yang seharusnya anak dibebaskanuntukmengekspresikandirinya. Pihak sekolah harus bekerjasama dengan orang tua siswa agar penanaman nilai kreatif dapat berjalan dengan optimal.