Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN KEMAPUAN BERBAHASA MELALUI MEDIA ARTU GAMBAR PADA KELOMPOK A TK PKK KEPANJENLOR KECAMATAN KEPANJENKIDUL KOTA BLITAR

Ida Nastiti

Abstrak


ABSTRAK

 

Nastiti, Ida.2017. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalaui Media Kartu Gambar Pada Kelompok A di TK PKK Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Skripsi, Program Studi SI Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. H.M. Zainudin, M.Pd, (II) Drs.Sunyoto S.Pd.,M.Si

 

Kata Kunci: meningkatkan memampuan berbahasa, media kartu gambar

Hasil observasi yang dilakukan terhadap kegiatan mengembangkan kemampuan berbahasa khususnya bercerita pada kelompok A TK PKK Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar diketahui terdapat beberapa permasalahan pada pelaksanaan pembelajaran yaitu dari 16 anak, terdapat 14 anak yang kurang dapat bercerita dengan baik. Faktor penyebab yang mempengaruhi permasalahan tersebut antara lain: (1) media yang digunakan kurang menarik, (2) pembelajaran berpusat pada guru, (3) kurangnya rasa percaya diri anak, (4) rendahnya motivasi yang diberikan guru, (5) jarangnya kegiatan bercerita yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu gambar serta peningkatan kemampaun berbahasa kelompok A TK PKK Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.

Hasil penelitian media kartu gambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa dilaksanakan oleh guru dengan sangat baik dan diikuti anak dengan sangat baik. Hal ini terlihat dari kemampuan berbahasa dari siklus I sampai siklus II meningkat dari sangat kurang (23%) menjadi sangat baik (94,1%).

 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak khususnya bercerita. Melalui media yang menarik dan dekat dengan anak akan menumbuhkan minat anak untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu sangat disarankan bagi guru untuk menggunakan media kartu gambar pada pembelajaran berbahasa khususnya kartu gambar agar dapat meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok A TK PKK Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar.