Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

persepsi guru tentang penilaian hasil belajar kurikulum 2013 di SDN Ngulankulon 01 Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek

fuad aziz ahmad muafi

Abstrak


ABSTRAK

 

Penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Masihterdapatkendala yang sekolahdasarpercontohanKurikulum 2013 di daerahtertinggaldalampelaksanaaanpenilaianhasilbelajarKurikulum 2013.Ada kemungkinanpersepsi guru tentangPenilaianKurikulum 2013 belumtepat.Berkaiatandenganitu, makadiperlukanpenelitianpersepsi guru tentangpenilaianhasilbelajarKurikulum 2013.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikanpemahaman guru tentang Kurikulum 2013, pemahaman guru tentang penilaian hasil belajar Kurikulum 2013,pelaksanaan penilaian hasil belajar Kurikulum 2013 ,kendala pelaksanaan penilaian hasil belajar Kurikulum 2013, dan  persepsi guru tentang penilaian hasil belajar Kurikulum 2013

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus.Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan instumen peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis dimulai dengan tahap reduksi data, penyajian data dan verivikasi data.

 

Berdasarkan analisis tersebut diperoleh simpulan data penelian, sebagai berikut:Pemahaman guru SDN Ngulankulan 01 tentang Kurikulum 2013 dan peniliaian hasil belajar Kurikulum 2013 berbeda dikarenakan faktor intensitas pelatihan kurikulum 2013 yang berbeda, perbedaan reverensi informasi, dan belum adanya diskusi bersama di lingkupsatusekolahuntuk menyamakan persepsi tentang penilaian hasil belajar Kurikulum 2013. Kendala penilaian hasil belajar di kelas I sampai kelas V SDN Ngulankulon 01 meliputi keterbatasan waktu penelitian, jumlah muatan penilaian yang banyak, sumber reverensi yang berbeda, dan perubahan bentuk penilaian hasil belajar di kelas I sampai kelas V di awal dan di akhir semesterrumit.4 dari 5 guru memilikipersepsipenilaianhasilbelajarKurikulum 2013 terlalurumitdenganbanyaknyamuatanpenilaian.PenilaianhasilbelajarKurikulum 2013 lebihbaikdisederhanakanmengadaptasipenilaian KTSP agar tidakterlalurumit