Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI MODEL THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA 2 “INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU” KELAS IV-C SDN BUNULREJO 2 KOTA MALANG

Agnita Kumala Lionintyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Lionintyas, Agnita Kumala. Implementasi Model Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Subtema 2 "Indahnya Keragaman Budaya Negeriku" Kelas IV-C SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Dasar dan Prasekolah. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suharjo, M.S, M.A, (II) Drs. Imam Nawawi, M.Si

 

Kata Kunci:Think-Pair-Share, Aktifitas dan Hasil Belajar, Tematik

Permasalahan yang dihadapi oleh guru Kelas IV-C SDN Bunulrejo 2 Kota Malang yaitu rendahnya aktifitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang rendah. Guru yang kurang kreatif dalam melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan hanya berceramah dan kegiatan tanya jawab yang membuat siswa merasa bosan. Hal itu berdampak pada hasil belajar dengan nilai siswa yang masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Terdapat 10 dari 36 siswa yang nilainya masih dibawah 75. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti dan guru kelas IV-C SDN Bunulrejo 2 Kota Malang merasa perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dalam rangka memperbaiki kondisi pembelajaran yang dirasakan kurang efektif, karena pembelajaran yang dipakai selama ini hanya pembelajaran konvensional. Peneliti menyarankan salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat memperbaiki aktifitas dan hasil belajar siswa. Adapun model yang digunakan yaitu Model Kooperatif dengan Tipe Think-Pair-Share(TPS).

Penggunaan Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dijadikan rasional dalam sebuah penelitian tindakan kelas. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini, meliputi : 1) mendiskripsikan aktifitas belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran Think-Pair-Share, dan 2) mendiskripsikan hasil belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran Think-Pair-Share. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis pendekatan penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian yang berjenis penelitian tindakan kelas. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan McTaggart. PTK dilaksanakan 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap tahapan paada siklus 1 berulang pada siklus 2 hingga menemukan hasil yang diinginkan.

Hasil dari penelitian ini yaitu meningkatnya aktifitas dan hasil belajar siswa. Pada aktifitas belajar siswa menunjukkan bahwa 97% tingkat keberhasilan dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil belajar siswa, ketuntasan dari siklus 1 ke siklus 2 naik 31% dengan presentase ketuntasan akhir mencapai 84% siswa yang tuntas dalam pembelajaran tersebut.