Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SUBTEMA HEWAN DI SEKITARKU MELALUI MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS II SDN TANJUNGREJO 4 KOTA MALANG

Rizki Putri Utami

Abstrak


ABSTRAK

 

Rizki Putri Utami. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Subtema Hewan di Sekitarku melalui Media Pop Up Book pada Siswa Kelas II SDN Tanjungrejo 4 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumanto, M.Pd, 

(II) Dra. Murtiningsih, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Subtema Hewan di Sekitarku, Media Pop Up Book,

Sekolah Dasar

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas II SDN Tanjungrejo 4 Kota Malang ditemukan beberapa masalah diantaranya: (1) siswa merasa jenuh dan bosan saat mengikuti pembelajaran, (2) kondisi kelas yang ramai, (3) guru tidak menggunakan media pembelajaran, (4) guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan, dan (5) hasil belajar siswa rendah

Tujuan penelitian yaitu: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran subtema hewan di sekitarku melalui media pembelajaran pop up book pada siswa kelas II, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar subtema hewan di sekitarku melalui media pembelajaran pop up book pada siswa kelas II SDN Tanjungrejo 4 Kota Malang. Media pop up book adalah media berbentuk buku dengan unsur tiga dimensi dan memiliki tampilan visual menarik melalui gambar, foto, teks, grafik, dan simbol yang dapat bergerak ketika halamannya dibuka.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Subyek penelitian ini berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni teknik analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Pelaksanaan pembelajaran subtema hewan di sekitarkumelalui media pop up bookberjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar aspek pengetahuan yakni 67,7 pada pratindakan menjadi 75,8 pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,2. Rata-rata hasil belajar aspek sikap juga mengalami peningkatan, pada siklus I 81,7 meningkat menjadi 85,3 pada siklus II. Sedangkan rata-rata hasil belajar aspek keterampilan siswa pada siklus I 75,3 meningkat menjadi 81,7 pada siklus II.

 

Kesimpulan menyatakan bahwa media pop up book dapat meningkatkan hasil belajar subtema hewan di sekitarku pada siswa kelas II SDN Tanjungrejo 4 Kota Malang. Disarankan agar guru menggunakan media pop up bookdalam pembelajaran sebagai salah satu alternatif media pembelajaran di kelas dengan mempertimbangkan isi materi pembelajaran.