Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE-IDE POKOK DALAM TEKS TULIS DI KELAS IV SDN PANDANWANGI 4 KOTA MALANG

Dahliya Irmawati Rohmatulloh

Abstrak


ABSTRAK

 

Rohmatulloh, Dahliya Irmawati. 2017. Penerapan Model Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Menemukan Ide-ide Pokok dalam Teks Tulis di Kelas IV SDN Pandanwangi 4 Kota Malang. Skripsi, Program S1 PGSD, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. A. Badawi, S.Pd., M.Pd, (2) Dra. Nihayati, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Model Student Facilitator and Explaining, Menemukan ide pokok, SD.

Pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca sangat penting, karena dari membaca seseorang akan memperoleh informasi. Salah satu tujuan dari membaca adalah untuk menemukan ide-ide pokok dalam teks. Informasi yang diperoleh dari kelas IV di SDN Pandanwangi 4 Kota Malang menunjukkan kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok masih rendah. Hal itu dikarenakan siswa kurang memahami bacaan, dan metode yang digunakan guru masih kurang efektif. Dengan demikian, peneliti perlu melakukan variasi dalam pembelajaran khususnya pembelajaran Bahasa Indonesia materi menemukan ide pokok.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining yakni suatu model pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengkomunikasikan materi yang dipahami kepada anggota kelasnya, juga untuk meningkatkan kemampuan menemukan ide-ide pokok dalam teks tulis pada siswa kelas IV SDN Pandanwangi 4 Kota Malang melalui model Student Facilitator and Explaining.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan observasi, refleksi, dan perencanaan perbaikan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Pandanwangi 4 Kota Malang pada dengan jumlah siswa terdiri dari 17 laki-laki dan 20 perempuan.

Pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Student Facilitator and Explaininguntuk menemukan ide-ide pokok dalam teks tulis berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan pada siklus I banyak siswa yang masih merasa kesulitan dalam menemukan ide pokok, dengan siswa yang tuntas sebanyak 23siswa (62%) dari 37 siswa. Sedangkan pada siklus II banyak siswa yang sudah bisa menemukan ide pokok dengan tepat dan benar, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 33 siswa (89%).

 

Simpulan dari penelitian ini adalah model Student Facilitator and Explaining sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca dan menemukan ide pokok, karena model Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan daya serap siswa terhadap isi bacaan. Adapun saran peneliti adalah bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran yang inovatif, cocok dan dapat meningkatkan minat siswa terhadap kegiatan belajar mengajar, sedangkan untuk peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sumber kajian dan inspirasi penelitian berikutnya dengan judul yang lainnya.