Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Meningkatkan Pembelajaran Melalui Penerapan Model Make A Match Tema Pahlawanku Kelas IV SDN Lesanpuro 1 Malang

Rambusari S. Goro

Abstrak


ABSTRAK

 

Goro, Rambusari S. 2017. Upaya Meningkatkan Pembelajaran Melalui Penerapan Model Make A Match Tema Pahlawanku Kelas IV SDN Lesanpuro 1 Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Toha Mashudi, S.Pd., M.Pd (II) Dr. H. Sutarno, M.Pd.

 

Kata Kunci: Make A Match, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.

Make A Match merupakan model pembelajaran yang memasangkan kartu/mencocokkan kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban. Setelah melakukan observasi tanggal 21 November 2016 di kelas IV ditemukan data berupa rendahnya aktivitas siswa, kurangnya penerapan model yang merangsang aktivits siswa, dan masih terdapat 7 siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan, yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Langkah PTK dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari  4 tahap, yakni 1) Perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan 4) refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa SDN Lesanpuro 1 Malang dengan jumlah siswa 42 anak. Instrumen yang digunakan meliputi: 1) Lembar observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi perubahan aktivitas guru dari siklus I ke siklus II 100%, aktivitas siswapun meningkat dari siklus I pertemuan I yaitu I porsentase  aktivitas siswa yaitu 59,17%, pada pertemuan II yaitu 69,72%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I yaitu 71,19%, pada pertemuan II yaitu 73,80%, dan hasil belajar siswapun meningkat dari siklus I terdapat 29 siswa tidak lulus dan pada siklus II terdapat semua siswa yang berjumlah 42 siswa lulus dengan KKM di atas 80.

 

Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu model Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lesanpuro 1 Malang. Sarannya dalam pelaksanaan pembelajaran perlu diterapkan model-model yang dapat merangsang aktivitas siswa, namun model tersebut disesuaikan dengan karakteristik siswa dan karakteristik materi.