Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Muatan Nilai-nilai Karakter Dalam Praktik Permainan Tradisional di SDN Brayu Blandong Mojokerto

Nanda Fauzia Abda'u

Abstrak


ABSTRAK

 

Abda’u, Nanda Fauzia. 2017. Muatan Nilai-nilai Karakter Dalam Praktik Permainan Tradisional di SDN Brayu Blandong Mojokerto. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Sutarno, M. Pd., (2) Dra. Sukamti, M. Pd.

 

Kata Kunci :Muatan nilai-nilai karakter, praktik permainan tradisional

Permainan tradisional merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan dan dikenalkan kepada anak, baik di lingkungan masyarakat, keluarga maupun di sekolah. Berdasarkan observasi peneliti menemukan kegiatan yang dilakukan siswa yaitu berbincang dengan teman, membeli makanan di kantin serta berlari-lari dengan teman. Tidak ada satu pun dari siswa yang bermain dengan melakukan permainan tradisional, bahkan berdasarkan hasil wawancara dengan siswa menjelaskan bahwa mereka hanya pernah mendengar tentang variasi permainan tradisional seperti gobak sodor, kasti, lompat tali, engklek, dakon, dll, akan tetapi tidak bisa melakukan permainan tradisional tersebut. Dijelaskan pula oleh kepala sekolah pada saat wawancara bahwa siswa hanya dikenalkan saja dengan permainan tradisional dan belum pernah ada pembelajaran yang mengkaitkan permainan tradional di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mempraktikkan permainan tradisional, menggali nilai-nilai karakter yang termuat saat praktik permainan tradisional, serta menemukan nilai-nilai karakter yang didapatkan siswa dari praktik permainan tradisional.

Penelitian ini menggunakan jeis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan umtuk mendeskripsikan suatu fenomena sebagaimana adanya pada waktu penelitian dilakukan. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknik triangulasi data.

Permainan tradisional yang dipraktikkan di SDN Brayu Blandong ada 4 jenis permainan yaitu gobak sodor, kasti, egrang dan lompat tali. Dari masing-masing praktik permainan tradisional terdapat nilai-nilai karekter di dalamnya. Muatan nilai-nilai karakter ini ditunjukkan dari perilaku/ karakter siswa pada saat melakukan praktik permainan tradisional. Ada 10 nilai-nilai karakter yang termuat dalam permainan tradisional yang dipraktikkan di SDN Brayu Blandong diantaranya yaitu religious, jujur, toleransi, disiplin, kerjakeras, mandiri, kreatif, bersahabat/ komunukatif, pedulisosial, serta tanggungjawab.

 

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa ada empat permainan yang dipraktikkan di SDN Brayu Blandong, dalam praktik permainan tradisional memuat 10 nilai-nilai karakter, 10 nilai-nilai karakter tersebut didapatkan dari perilaku siswa saat praktik permainan tradisional. Permainan tradisional seharusnya tetap dilestarikan di sekolah, baik dalam kegiatan pembelajaran maupun pembiasaan kepada siswa. Mengingat banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam permainan tradisional. Salah satunya yaitu dalam permainan tradisional memuat nilai-nilai karakter, jadi apabila permainan tradisional dikenalkan serta dipraktikkan dalam kegiatan pembelajaran maupun yang lain di sekolah, dapat memberikan dampak yang baik bagi pendidikan karakter siswa.