Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Pengenalan Konsep Alam Semesta Anak Usia 5-6 Tahun.

Clara Daniella Luhur

Abstrak


ABSTRAK

 

Zaman modern ini teknologi bukanlah hal yang asing, termasuk bagi anak–anak dalam kegiatan belajar dan bermain mereka. Teknologi juga sudah diintegrasikan ke dalam dunia pendidikan anak usia dini sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran akan sangat dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran TK yang tematik. Penelitian awal menunjukkan bahwa guru-guru mengalami kesulitan mengajarkan tema alam semesta karena keterbatasan media dan kekompleksan tema. Oleh karena itu peneliti mengembangkan media interaktif berbasis komputer untuk pengenalan konsep alam semesta anak usia 5-6 tahun.

Tujuan diadakanya penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media berupa game interaktif berbasis komputer yang mampu mempermudah proses pembelajaran di TK dalam hal penanaman konsep alam semesta. Media ini diharapkan menjadi media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, dkk. Setelah melakukan penelitian awal, pengembangan dimulai dengan membuat rancangan hingga media jadi dan siap digunakan. Kemudian divalidasi dan dilakukan uji coba di TKK Santa Maria III dengan subjek uji coba seluruh siswa kelas B yang berjumlah 40 anak. Peneliti melakukan revisi dan olah data.

Hasil penelitian ini berupa produk media pembelajaran berupa 2 keping CD yang dikemas secara menarik dalam sebuah dvd case serta sebuah buku pedoman. Media ini juga telah dinyatakan valid 90.1%, praktis 98.3%, efektif dengan gain score 0.71.

 

Kesimpulannya media ini valid, praktis, dan efektif untuk menanamkan konsep alam semesta pada anak usia 5-6 tahun. Media dapat digunakan tanpa revisi. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyarankan: (1) Ketika menggunakan siswa perlu pengawasan dan bimbingan, (2) Para guru menggunakan media ini untuk menanamkan konsep alam semesta, (3) Kepala sekolah menyediakan fasilitas untuk pemanfaatan media secara maksimal, (4) Dilakukan penelitian lebih lanjut yang relevan, (5) Dinas pendidikan diharapkan mengadakan pelatihan penggunaan dan pembuatan media sejenis serta melakukan proses diseminasi produk.