Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan

Muhammad Habib Ridwan

Abstrak


ABSTRAK

 

Ridwan, Muhammad Habib. 2017. Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Siswa Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Kebersamaan. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Alif Mudiono, M.Pd (II) Dra. Lilik Bintartik, M.Pd

 

Kata Kunci: nilai-nilai karakter, buku siswa tema indahnya kebersamaan kelas IV SD, dan tematik terpadu.

Nilai karakter penting untuk ditanamkan dan dikembangkan pada diri siswa. Pengembangan nilai karakter tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran. Buku ajar dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa tentang nilai karakter sesuai Standar Isi Kurikulum 2013.

Fokus penelitian ini untuk menganalisis nilai karakter dalam buku siswa tema indahnya kebersamaan kelas IV SD yaitu: (1) religius, (2) jujur, (3) disiplin, (4) santun, (5) percaya diri, (6) peduli, dan (7) tanggung jawab

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti berupa metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar perekam data.

Berdasarkan hasil analisis data terhadap buku siswa tema indahnya kebersamaan kelas IV SD diperoleh 9 temuan yaitu:  (1) persentase keragaman karakter religius mencapai 28% yang termasuk dalam kategori cukup, sedangkan jumlah kemunculannya yaitu 98 kali termasuk kategori sangat banyak; (2) persentase keragaman karakter jujur mencapai 6,9% yang termasuk kategori sangat kurang, sedangkan jumlah kemunculannya yaitu 24 kali termasuk kategori cukup; (3) persentase keragaman karakter disiplin mencapai 3,7% yang termasuk dalam kategori sangat kurang, sedangkan jumlah kemunculannya yaitu 13 kali termasuk kategori sedikit; (4) persentase keragaman karakter santun mencapai 9% yang termasuk dalam kategori sangat kurang, sedangkan jumlah kemunculannya yaitu 31 kali termasuk kategori cukup; (5) persentase keragaman karakter percaya diri mencapai 27,9% yang termasuk dalam kategori cukup, sedangkan jumlah kemunculannya yaitu 97 kali termasuk kategori sangat banyak; (6) persentase keragaman karakter peduli mencapai 20% yang termasuk dalam kategori cukup, sedangkan jumlah kemunculannya yaitu 69 kali termasuk kategori sangat banyak; (7) persentase keragaman karakter tanggung jawab mencapai 4,5% yang termasuk dalam kategori sangat kurang, sedangkan jumlah kemunculannya yaitu 16 kali termasuk kategori sedikit.

 

Berdasarkan hasil kesimpulan di atas, peneliti memberikan saran kepada (1) penyusun bahan ajar, dapat meninjau ulang dan melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap nilai karakter jujur, disiplin, santun dan tanggung jawab pada buku siswa, (2) guru, dapat menambah kegiatan untuk memunculkan dan mengembangkan nilai karakter jujur, disiplin, santun dan tanggung jawab, dan (3) peneliti selanjutnya, dapat menganalisis muatan nilai-nilai karakter pada tema-tema yang lain sehingga nilai-nilai karakter yang hendak dikembangkan dapat teridentifikasi dengan jelas.