Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perkembangan Majalah Dinding di SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang

Ari Hidayatul Lailiah

Abstrak


Lailiah, Ari Hidayatul. 2017. Perkembangan Majalah Dinding di SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Siti Umayaroh, S.Pd, M.Pd., (II) Drs. Sjafruddin A.R, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Majalah Dinding,Sekolah Dasar

 

Kelemahan siswa dalam menulis yang cenderung memiliki kosakata yang sedikit dengan latihan yang singkatdiperoleh saat pembelajaran bermuatan bahasa Indonesia membuat siswa tidak berlatih lagi. Dibutuhkan media dan kesempatan agar keterampilan menulis siswa terasah. Media tidak mahal apabila guru mampu menyadari keberadaan media tersebut seperti majalah dinding. Majalah dinding sebagai bentuk media sekolah dapat memberikan manfaat atas keberadaannya dan juga kendala dalam pengelolaannya. Untuk mengetahui perkembangan, kendala hingga manfaat dari majalah dinding di SDN Bareng 1, peneliti melakukan penelitian tentang Perkembangan Majalah Dinding di SDN Bareng 1 Kecamatan Klojen Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualtitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan kepala sekolah, kuesioner diisiguru, serta dokumentasi majalah dinding. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Objek yang diteliti oleh peneliti ialah manfaat majalah dinding, kendala majalah dinding dan perkembangan majalah dinding di SDN Bareng 1.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembanganmajalahdinding di SDN Bareng 1 ialah di dalammajalahdindingterdapatidentitasmajalahdinding (nomoredisidantema), identitasredaksi (pelindung, ketuaredaksi, sekretaris, bendahara, dewanredaksi, koordinatorreporter, reporter, koordinator ilustrator, dan ilustrator), materi sajian majalah dinding (kata mutiara, puisi, vignet, dan pantun), dengan tampilan majalah dinding yang sudah sesuai tema, terdapat gambar, dan ukuran dapat dibaca. Kendalapengelolaanmajalahdinding di SDN Bareng 1 yaitutidakadadana, timbulnyakejenuhan, tidakadakemajuan, sepinyapembaca, waktudantenagaterbatas. Sedangkan manfaat majalah dinding yaitu sebagai wadah kreativitas, menanamkan kebiasaan membaca, pengisi waktu, melatih kecerdasan berpikir, mendorong latihan menulis, penyemai demokrasi, wadah inspirasi, penyempurnapembelajaran, dan media komunikasi.

Saran yang diberikan peneliti untuk guru dan sekolah dasar negeri Bareng 1 yaitu hasil temuan ini dapat dijadikan evaluasi dalam pengembangan pengelolaan majalah dinding sekolah dan dapat dijadikan proyeksi ke depan dalam menyusun program/ strategi baru dalam mengembangkan kualitas pendidikan. Untuk sekolah lain yang belum mengembangkan majalah dinding bahwa hasil temuan ini dapat dijadikan referensi dalam pengelolaan majalah dinding.Untuk peneliti lanjutan dapat digunakan untuk menambah referensi.

 

Lailiah, Ari Hidayatul. 2017. The Development of Bulletin Board at SDN Bareng 1 Klojen District Malang City. Elementary Schools Teachers Training Program, Elementary Schools and Pre School Department, Faculty of Education, State University of Malang. Advisors:: (I) Dra. Siti Umayaroh, S.Pd, M.Pd., (II) Drs. Sjafruddin A.R, S.Pd, M.Pd.

 

Keywords: Bulletin Board, Elementary School

 

The students in writing who tend to have little amounts of vocabulary with a short exercise obtained when learning is loaded with the Indonesian language makes students no longer practice. It takes media and an opportunity for students' writing skills to be honed. Media is not expensive if teachers are able to realize the existence of such media such as bulletin board. Bulletin board as a form of school media can provide benefits for its existence and also obstacles in its management. To find out the development, obstacles to the benefits of bulletin board in SDN Bareng 1, researchers conducted research on the development of Bulletin Board in SDN Bareng 1 Klojen District Malang City.

This study uses a qualitative description approach. Data collection techniques were conducted through interviews with principals, questionnaires filled with teachers, and documentation of bulletin board. Data analysis of research results done by data reduction, data presentation, and conclusion. Objects studied by researchers is the benefits of bulletin board, bulletin board constraints and the development of bulletin board in SDN Bareng 1.

The result of the research shows that the development of bulletin board in SDN Bareng 1 is in bulletin board there are bulletin board identity (edition number and theme), redaction identity (patron, editor chief, secretary, treasurer, editorial board, reporter coordinator, reporter, illustrator coordinator, And illustrators), bulletin board articles (pearls, poems, vignettes, and pantuns), bulletin board wall displays that match the theme, pictures, and readable sizes. Constraints to the management of bulletin board in SDN Bareng 1 is no funding, the emergence of saturation, no progress, lonely readers, time and limited energy. While the benefits of bulletin board that are as a container of creativity, inculcate reading habits, filler time, train intelligence thinking, encouraging writing exercises, democracy sowing, the container of inspiration, perfecting learning, and communication media.

A suggestion given by researcher for teacher and primary school of Bareng 1 that the result of this finding can be used as evaluation in the development of school bulletin board management and can be used as a projection ahead in developing new program/strategy in developing education quality. For other schools that have not yet developed a bulletin board that these findings can be used as a reference in the management of bulletin’s board. For advanced researchers, it can be used to add the next research reference.