Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Mojokerto

Novia Riza Umami

Abstrak


Penelitian ini berlatar belakang kurangnya kemampuan membaca permulaan anak, hal ini disebabkan karena pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan yang digunakan guru kurang menarik minat anak, dan guru jarang memberikan buku-buku yang menarik untuk dibaca anak. Berdasarkan hasil observasi ditemukan fakta bahwa anak belum mampu melakukan kegiatan membaca permulaan menggunakan media buku cerita bergambar. Hal ini terlihat dari kemampuan anak ketika membaca permulaan menggunakan buku cerita bergamba, anak hanya tertarik pada gambar yang ada didalamnya saja, anak merasa ragu dalam melakukan kegiatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan kemampuan membaca permulaan anak setelah menggunakan media buku cerita bergambar.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model penelitian kolaboratif yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing siklus 2 pertemuan, masing-masing siklus memiliki 4 tahapan,yaitu: (1) perencanaan, (2)pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian dan pedoman observasi. Subjek penelitian ini sebanyak 26 anak, diantaranya 14 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriftif kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk mengetahui percapaian perkembangan membaca permulaan anak setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan media buku cerita bergambar kepada anak.

Penggunaan media bukucerita bergambar di tk dharma wanita sangat membantu untuk peningkatan membaca permulaan anak. Anak jadi mudah untuk belajar membaca dengan menggunakan media buku cerita bergambar ini karena ada gambar-gambar yang sudah sesuai dengan cerita didalamnya jadi anak lebih mudah untuk memahami cerita tersebut.Hasil penelitian dan pembelajaran kemampuan membaca permulaan dari penggunaan media buku cerita bergambar yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu perkembangan kelas pada siklus I mencapai 42% dan perkembangan kelas pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85%.

Berdasarkan temuan peneliti,dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK Dharma Wanita Mojokerto. Oleh karena itu, penggunaan media buku cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak sangat disarankan, karena sangat menarik bagi anak dan antusias anak ketika melakukan kegiatan membaca.