Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A TK ABA20 Kota Malang

Eka Mardiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Mardiana, Eka. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Berbiacara Anak Kelompok A TK ABA 20 Kota Malang. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd(2) Sandy TegariyaniPutri S, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Penggunaan Media Boneka Tangan, Kemampuan Berbicara.

 

Berdasarkan hasil observasi diperoleh data yaitu: 1) 75 persen anak kelompok A belum dapat memahami cerita yang diceritakan, 2) anak belum dapat menceritakan isi cerita, 3) penggunaan boneka tangan yang belum maksimal, 4) anak belum mampu berbicara/bercerita di depan kelas, 5) anak belum dapat  mengungkapkan pendapat di depan umum. Berdasarkan data yang telah di peroleh dari hasil wawancara yang telah dilakukan  dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan berbicara anak kelompokA di TK ABA 20 Malang kurang berkembangnya.

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan(1) Mendiskripsikan kemampuan berbicara anak kelompok A sebelum menggunakan media boneka tangan, (2) Mendiskripsikan kemampuan berbicara anak kelompok A sesudah menggunakan media boneka tangan, (3) Menjelaskan pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A TK ABA  20 Malang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain eksperimen yang digunkaan yaitu Nonequivalent Control Group Design yaitu pada kelas eksperimen dan kontrol diberi pre-test dan post-test. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian ini adalah seluruh murid kelompok A TK ABA 20 kota Malang. Terdapat 2 kelas dan kelompok A1 dan A2 sebanyak  22 anak terdiri dari11anak dikelas A1 dan 11 anak di kelas A2. Penelitian ini menggunkaan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampel. Sampel yang digunakan yaitu seluruh anak kelompok A TK ABA 20 Kota Malang. Instrumen yang digunakan yaitu observasi berupa chek list skor hasil pre-test dan post-test, serta dokumentasi yaitu RPPH. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis penelitian dengan menggunakan kendall’s tau.

 

Berdasarkan analisis data tersebut terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media boneka tangan terhadap kemampuan berbicara. Diperoleh hasil sig. (2-tailed) sebesar 0,000 hasil tersebut lebih kecil dari 0,05 dapat ditarik kesimpulan bahwa ditolak dan  diterima berarti media boneka tangan berpengaruh baik terhadap kemampuan berbicara.

 

Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa media boneka tangan berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A di TK ABA 20 Kota Malang. Disarankan bagi guru yaitu agar guru dapat menggunakan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak.