Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Literasi di Kelas 1 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang

Puspita Dessytasari

Abstrak


Gerakan literasi menjadi program yang harus dilaksanakan berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2015 yaitu mengenai kegiatan 15 menit membaca buku non pelajaran sebelum waktu belajar dimulai. Gerakan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan berliterasi perlu diketahui lebih dalam pelaksanaannya di sekolah. Untuk mengetahui gerakan tersebut penelitian ini dilakukan.

Penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif ini diniatkan untuk  mendeskripsikan:(1) Pelaksanaan literasi di kelas 1 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang, (2) Bahan Pustaka yang terdapat  di sekolah dalam mendukung pelaksanaan literasi di kelas 1 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang, (3) Pihak yang terlibat dalam pengelolaan pelaksanaan literasi di kelas 1 SDN Kedungkandang 1 Kota Malang.

Penelitian yang datanya diolah secara analitik dalam bentuk deskriptif naratif ini menghasilkan simpulan (1)Literasi di kelas 1 belum dilaksanakan sesuai dengan Permendikbud No. 23 tahun 2015, (2) Bahan pustaka masih terbatas dan tidak memungkinkan untuk digunakan dalam kegiatan literasi dengan bacaan yang sama, (3) Semua pihak sudah berupaya untuk berkontribusi dalam pelaksanaan literasi, meskipun belum maksimal. Namun yang lebih berperan adalah dari pihak sekolah.

Demi peningkatan dan kesempurnaan gerakan literasi di kelas 1 SDN Kedungkandang 1 kota Malang, gerakan literasi ini disarankan: (1) Diperlukan dukungan pengadaan literatur bacaan non pelajaran, (2) Petugas perpustakaan sebaiknya mencatat buku yang jumlahnya sedikit dan menyampaikan kepada orangtua siswa terkait buku yang jumlahnya sedikit di perpustakaan. Hal itu, untuk mencukupi program 1 anak 1 buku dapat di penuhi, (3) Pihak sekolah lebih mengintensifkansosialisasi kegiatan literasi terhadap pihak orang tua. Hal itu, untuk lebih memotivasi dukungan orang tua dalam pengadaan bahan pustaka.