Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Bertekstur Melalui Media Kotak Raba pada Anak Kelompok A RA Istiqomaturrohmah Kota Blitar

Ulan Azizah

Abstrak


ABSTRAK

 

Azizah, Ulan. 2017. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Bertekstur Melalui Media Kotak Raba pada Anak Kelompok A RA Istiqomaturrohmah Kota Blitar. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dra. Sutansi, M.Pd, (2) Suwarti, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci : peningkatan, huruf bertekstur, media kotak raba

 

Hasil observasi yang dilakukan terhadap proses pembelajaran tentang kemampuan membaca permulaan pada kelompok A RA Istiqomaturrohmah Kota Blitar diketahui terdapat beberapa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu (1) dari 16 anak, terdapat 11 anak yang belum mampu mengenal serta membedakan huruf, sedangkan 5 anak sudah cukup lancar; dan (2) volume anak pada saat menyebutkan huruf masih pelan dan cenderung takut apabila salah dalam menyebutkannya. Penyebab permasalahan tersebut antara lain (1) metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik minat anak dalam belajar mengenal huruf, (2) media atau alat peraga yang bersifat monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media kotak raba serta peningkatan kemampuan mengenal huruf bertekstur anak kelompok A RA Istiqomaturrohmah Kota Blitar melalui media kotak raba.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakam dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, obeservasi,dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.

 Hasil penelitian penggunaan media kotak raba untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf bertekstur dilaksanakan oleh guru dengan sangat baik (91,6%) dan diikuti anak dengan sangat baik (90,5%). Rata-rata kemampuan membaca permulaan dari pratindakan sampai siklus II meningkat dari kriteria sangat kurang (53) menjadi baik (85). Demikian juga dengan ketuntasan anak secara klasikal meningkat dari kriteria cukup (68,7%) pada pratindakan menjadi sangat baik (87,5%) di akhir tindakan.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kotak raba dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf bertekstur anak. Melalui media yang menarik akan menumbuhkan minat anak untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu disarankan bagi guru untuk menggunakan kotak raba pada pembelajaran bahasa khususnya kemampuan mengenal huruf bertekstur, supaya dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf bertekstur anak kelompok A RA Istiqomaturrohmah Kota Blitar.