Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Kemampuan Fisik-Motorik Anak Usia Dini melalui Permainan Circuit Training“World of Fruit” Kelompok B TK Dharma Wanita Madusari Siman Kabupaten Ponorogo

Luthfi Dyah Radintari

Abstrak


Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di TK Dharma Wanita Madusari Siman Kabupaten Ponorogo pada kelompok B ditemukan bahwa kemampuan fisik-motorik anak belum berkembang dengan baik. Permasalahan yang ditemukan dalam kemampuan fisik-motorik adalah: (1) beberapa anak hanya diam ketika guru melakukan gerak dan lagu, (2) aktivitas fisik-motorik masih sebatas senam, gerak dan lagu, dan bermain sendiri, (3) kegiatan yang diberikan oleh guru belum bervariasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan penerapan permainan circuit trainingWorld of Fruit” dan peningkatan kemampuan fisik-motorik kekuatan, kecepatan, power, ketahanan, kelincahan, keseimbangan, fleksibilitas, dan koordinasi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil menunjukkan bahwa penerapan permainan circuit trainingWorld of Fruit” dapat meningkatan aktivitas anak dan kemampuan fisik-motorik anak. Aktivitas anak mengalami peningkatan dari cukup (69.2%) menjadi baik (78.6%) menjadi sangat baik (100%). Pada aktivitas guru mengalami peningkatan dari baik (80%) menjadi sangat baik (85.6) dan sangat baik (100%) karena guru melaksanakan sesuai dengan langkah-langkah. Ketuntasan klasikal kemampuan fisik-motorik anak melangalami peningkatan yaitu dari kurang (46.4%) menjadi cukup (67.6%) menjadi baik (78.6%) dan menjadi sangat baik (100%). Dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan circuit trainingWorld of Fruit” aktivitas anak sangat baik diikuti aktivitas guru yang sangat baik pula dan juga dapat meningkatkan kemampuan fisik-motorik keseimbangan, kekuatan, kelincahan, koordinasi dan fleksibilitas anak kelompok B TK Dharma Wanita Madusari Siman Kabupaten Ponorogo. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk menerapkan permainan circuit trainingWorld of Fruit” dalam mengembangkan kemampuan fisik-motorik.