Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Buku Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat

Dedy Andy Winarno

Abstrak


ABSTRACT

 

Andy Winarno, Dedy. 2016. Analisis Buku Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Nur Hanifah, M.Pd, (2) Drs. Toha Mashudi, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci: Analisis buku siswa, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar

Pelaksanaan kurikulum 2013 banyak diperdebatkan oleh pakar-pakar pendidikan terutama oleh pihak guru. Banyak perbincangan mengenai kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Salah satu perbincangan yang sering dibicarakan adalah mengenai buku ajar (buku siswa). Hal ini menarik minat peneliti untuk melakukan analisis mengenai buku ajar tersebut. 

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan kesesuaian buku siswa tematik terpadu kelas V sekolah dasar kurikulum 2013  tema kerukunan dalam bermasyarakat dengan karakteristik pembelajaran terpadu, mendiskripsikan kesesuaian buku siswa tematik terpadu kelas V sekolah dasar kurikulum 2013 tema kerukunan dalam bermasyarakat dengan langkah-langkah pendekatan ilmiah (scientific), dan mendiskripsikan kesesuaian tujuan yang telah ditetapkan dengan bagian isi buku siswa tematik terpadu kelas V sekolah dasar kurikulum 2013  tema kerukunan dalam bermasyarakat.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan untuk bentuk penelitian dirancang dengan teknik analisis isi. Sumber data penelitian ini adalah buku siswa kelas V sekolah dasar kurikulum 2013 tema kerukunan dalam masyarakat. Data hasil analisis ini dikumpulkan dengan menggunakan istrumen penelitian.

Sajian buku siswa kelas V sekolah dasar kurikulum 2013 kurang sesuai dengan pendekatan saintifik, langkah-langkah pembelajaran buku siswa kelas V sekolah dasar kurang sesuai dengan langkah-langkah saintifik, dan bagian isi buku siswa kurikulum 2013 kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang terdapat pada buku guru. Peneliti menyatakan kurang sesuai dikarenakan selain ditemukan kesesuaian sajian buku siswa juga ditemukan pula ketidaksesuaian sajian pada buku siswa dengan karakteristik pembelajaran terpadu, langkah-langkah ilmiah dan tujuan pembelajaran pada buku guru.

 

Hasil analisis menunjukan bahwa buku siswa kelas V sekolah dasar kurikulum 2013 masih memiliki beberapa kekurangan. Hendaknya bagi guru maupun siswa yang menggunakan buku siswa kelas V sekolah dasar kurikulum 2013 juga menggunakan sumber-sumber lain sebagai penunjang untuk melengkapi kekurangan yang ditemukan dalam buku siswa kelas V sekolah dasar kurikulum 2013.