Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Jenis Kelamin dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Gugus I Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo

Rusita Ayu Pradita

Abstrak


ABSTRACT

 

Pradita, Rusita Ayu. 2016. Hubungan antara Jenis Kelamin dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Gugus I Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Harmini, S.Pd. M.Pd., (2) Drs. Goenawan Roebyanto, M.Pd.

Kata Kunci : jenis kelamin, hasil belajar, Sekolah Dasar (SD)

Pendidikan merupakan aspek penting dalam sebuah kehidupan bagi individu dan juga bagi negara. Suatu negara dapat berkembang melalui pendidikan yang ada di negara tersebut. Alasan tersebut yang menjadikan pendidikan wajib dilaksanakan dan diperoleh bagi seluruh warga negara, tidak memandang jenis kelamin, ras, suku, ataupun bahasa. Berdasarkan pada hasil wawancara yang dilakukan peneliti di MI Kemuning, Kabupaten Ponorogo, diperoleh informasi bahwa siswa perempuan meraih peringkat (ranking) yang lebih tinggi dari pada siswa laki-laki. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, perlu diadakan penelitian lebih lanjut hubungan antara jenis kelamin dengan hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara jenis kelamin dengan hasil belajar siswa SD Negeri Se-Gugus I Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini berupa bilangan (data kuantitatif). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi nilai hasil UKK siswa kelas IV SDN Se-Gugus I Kecamatan Sambit. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data berupa check list. Data yang diperoleh dianggap sudah memenuhi dari segi validitas dan reliabilitas. Kegiatan analisis data dimulai dari deskripsi data, uji korelasi, dan penarikan kesimpulan.

 

Berdasarkan dari hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan dari hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, persebaran jenis kelamin siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus I kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo yaitu terdiri dari 58 (57,43%) siswa laki-laki, dan 43 (43,57%) siswa perempuan. Kedua, hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus I Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo secara umum memiliki nilai terendah 56, nilai tertinggi 93,1, mean 81,371, dan median 81,800. Ketiga, ada hubungan antara jenis kelamin dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Se-Gugus I Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo, dan siswa laki-laki cenderung memiliki nilai hasil belajar yang lebih bagus daripada perempuan dengan koefisien korelasi siswa laki-laki sebesar 0,218, dan koefisien korelasi siswa perempuan sebesar −0,237.