Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hidayat, Hengki. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based learning Di Siswa Kelas IV SD Negeri Buring Kota Malang Tahun Pembelajaran 2015 / 2016. Skripsi.Program Studi S1 Pendidikan Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan

hengki hidayat

Abstrak


ABSTRACT

 

Hidayat, Hengki. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based learning Di Siswa Kelas IV SD Negeri Buring Kota Malang Tahun Pembelajaran 2015 / 2016. Skripsi.Program Studi S1 Pendidikan Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Mucthar, S.Pd., M.Si dan (II) Drs. Syaiful Imam, S.Pd., M.Pd.

Kata kunci : Problem Based Learning, Pembelajaran PKn.

Permasalahan pendidikan selalu muncul bersamaan dengan perkembangan peningkatan kemampuan siswa, situasi dan kondisi lingkungan yang ada, pengaruh informasi dan kebudayaan, serta berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, pemerintah selalu merevisi kurikulum yang sudah ada selaras dengan perkembangan zaman. Demikian pula dengan model pembelajaran yang diterapkan selalu mengalami perkembangan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tangal 13 Januari 2016 di kelas IV SDN Buring Kota Malang diperoleh fakta dalam proses pembelajaran bahwa masih banyak siswa yang kurang memperhatikan guru dan kurang aktif dalam pembelajaran PKn.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1(1) penerapan model PBL (Problem Based Learning ) pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Buring Kota Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. (2) hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL (Problem Based Learning) pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Buring Kota Malang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yaitu PTK yang tahapannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus 1 kali pertemuan. Subjek penelitian: siswa kelas IV SDN Buring Kota Malang jumlah 40 siswa, terdiri dari  laki-laki 25 dan 15 perempuan.

Data tentang penerapan model Problem Based Learning dan aktivitas siwa diperoleh dengan teknik observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil belajar siswa dikumpulkan dengan memberikan tes pada setiap akhir pertemuan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan lembar keterterapan metode pembelajaran dokumentasi berupa tes pada setiap akhir pertemuan.

Berdasarkan nilai hasil pembelajaran sebelumnya yang dilakukan kepada siswa, rata-rata nilai siswa adalah 68,95. Nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40. Hal ini menunjukkan bahwa hanya 66,67% yang nilainya sudah mencapai KKM.dengan penerapan pembelajar dengan menggunakan meode PBL rata-rata nilai siswa adalah 77,325. Dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah adalah 60. Hal ini menunjukkan bahwa 87,5 % nilainya sudah mencapai KKM.

 

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Problem Based Learning  dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Buring Kota Malang. Bagi guru diharapkan model pembelajaran Problem Based Learning ini dijadikan sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi siapa pun yang menerapkan model PBL, hendaknya dilaksanakan secara sistematis dan utuh sesuai sesuai dengan sintaksnya. Disamping itu pada saat mengajar, hendaknya guru tidak berposisi disatu tempat menonton.