Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

analisis kesesuaian buku guru dengan buku siswa kelas VI SD tema menuju masyarakat sehat kurikulum 2013

khusnul khotimah

Abstrak


ABSTRAK

Khotimah, Khusnul. 2016. Analisis Kesesuaian Buku Guru dengan Buku Siswa Kelas VI SD Tema Menuju Masyarakat Sehat Kurikulum 2013. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd., (II) Dra.Harti Kartini, M.Pd.

Kata Kunci:Analisis, Buku Guru,Buku Siswa, Kelas VI SD, Kurikulum 2013

Buku guru merupakan panduan bagi guru untuk membelajarkan siswa, sedangkan buku siswa merupakan panduan siswa dalam melakukan aktivitas atau kegiatan pembelajaran. Idealnya buku guru dan buku siswa harus sesuai, tetapi kenyataannya tidak demikian. Berdasarkan pengamatan awal pada buku guru dan buku siswa kelas VI SD/MI tema Menuju Masyarakat Sehat, ditemukan contoh kekurangsesuaian antara kegiatan pembelajaran dalam buku siswa dengan kompetensi dasar (KD) yang terdapat di dalam buku guru. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis secara mendalam tentang kesesuaian antara buku guru dengan buku siswa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian antara: (1) KD dalam buku guru dengan Kurikulum 2013; (2) indikator dengan KD; (3) rumusan tujuan pembelajaran dengan indikator; (4) kegiatan pembelajaran dengan rumusan tujuan pembelajaran; dan (5) kegiatan pembelajaran dengan penerapan pendekatan saintifik.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Data penelitian diperoleh dari analisis buku guru dan buku siswa kelas VI SD tema Menuju Masyarakat Sehat Kurikulum 2013. Data dikumpulkan dengan studi dokumenter. Kegiatan analisis data dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data, digunakan teknik triangulasi waktu dan sumber.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh temuan penelitian yaitu (1) sebagian kecil KD dalam buku guru kurang sesuai dengan Kurikulum 2013 (8 dari 40 KD kurang sesuai); (2) terdapat 40 dari 102 indikator yang kurang sesuai dengan KD; (3) sebagian besar rumusan tujuan pembelajaran kurang sesuai dengan indikator (92 dari 103 tujuan pembelajaran kurang sesuai); (4) setengah dari kegiatan pembelajaran dalam buku siswa kurang sesuai dengan rumusan tujun pembelajaran (47 dari 108 kegiatan pembelajaran kurang sesuai); dan (5) tidak semua pembelajaran yang terdapat pada buku siswa mencakup lima kegiatan saintifik.

Dengandemikiandapatdisimpulanbahwamasihterdapatkekurangsesuaianantarabuku guru denganbukusiswaberkaitandenganaspek KD, indikator, rumusantujuanpembelajan, dankegiatanpembelajaran.Berdasarkankesimpulantersebut, disarankanbagipenyusunbukudapatmelakukanperbaikanbukudanbagi guru terlebihdahulumelakukananalisisbuku guru maupunbukusiswasebelummenggunakanpadawaktupembelajaran.