Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas VI Semester 2 Sekolah Dasar

Latifatul Chabibah

Abstrak


ABSTRAK

Chabibah, Latifatul. 2016. Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter pada Buku Siswa Kelas VI semester 2 Sekolah Dasar. Skripsi Prodi S1 – Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Suharjo, M.S., M.A (II) Muchtar, S.Pd., M.Si

Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter, Buku Siswa, Sekolah Dasar

Tujuan pendidikan nasional telah mencakup pendidikan karakter. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan pendidikan karakter yaitu melalui pengintegrasian nilai-nilai karakter pada buku ajar, diantaranya buku siswa kelas VI semester 2. Buku siswa tersebut merupakan buku ajar yang baru diterbitkan oleh kemdikbud pada tahun ajaran 2015/2016 untuk digunakan dalam pembelajaran kelas VI Semester 2. Adanya permasalahan berdasarkan hasil penelitian terdahulu mengenai muatan nilai-nilai karakter pada buku ajar Sekolah Dasar yang belum memadai dalam memuat nilai-nilai karakter, maka peneliti bermaksud melakukan penelitian dengan objek yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang termuat pada bagian wacana, bagian petunjuk kerja, bagian tagihan kerja/latihan, dan bagian evaluasi buku siswa kelas VI semester 2.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis dekriptif dan teknik analisis isi. Sumber data penelitian ini yaitu buku siswa Kelas VI Semester 2 terbitan Kemdikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku siswa kelas VI semester  2 telah memuat nilai-nilai karakter. Pada bagian wacana memuat 17 nilai karakter dari 18 nilai karakter yang dikontrakkan pada kurikulum 2013. Nilai karakter baru yang termuat pada bagian wacana yaitu nilai karakter bijaksana, dapat memahami hidup, tegas, adil, rendahhati, danpercayadiri. Pada bagian petunjuk kerja memuat 16 nilai karakter dari 18 nilai karakter yang dikontrakkan pada kurikulum 2013. Nilai karakter baru yang termuat pada bagian petunjuk kerja yaitunilaikarakteradil, danpercayadiri. Pada bagian tagihan kerja/latihan memuat 17 nilai karakter dari 18 nilaikarakter yang dikontrakkan pada kurikulum 2013. Nilai karakter baru yang termuat pada bagian tagihan kerja/latihan yaitu karakteradil, dapat memahami diri sendiri,dan percayadiri. Pada bagian evaluasi memuat 14 nilai karakter dari 18 nilai karakter yang dikontrakkan pada kurikulum 2013.

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bagi pendidik untuk menganalisis terlebih dahulu muatan nilai-nilai karakter pada buku ajar yang akan digunakan. Sementara itu, bagi pemerintah selaku penerbit dapat melengkapi nilai-nilai karakter yang belum termuat dalam buku siswa. Pemerintah juga dapat menambahakan nilai-nilai karakter baru hasil temuan penelitian untuk dijadikan nilai-nilai karakter yag dikontrakkan pada Kurikulum 2013 dan dimasukkan menjadi tambahan 18 nilai budaya dan karakter bangsa.