Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Buku Cerita Bergambar Tentang Cara Merawat Gigi Untuk Anak TK

Yunus Ramadhan

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhan, Yunus, 2014. Perancangan Buku Cerita Bergambar Tentang Cara Merawat Gigi untuk Anak TK. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn., (II) Moch. Abdul Rohman, S.Sn, M.Sn.

 

Kata kunci: buku cerita bergambar, merawat gigi, anak TK

Gigi merupakan jaringan tubuh yang paling keras dibanding yang lainnya. Strukturnya berlapis – lapis, mulai dari email yang sangat keras, dentin (tulang gigi) di dalamnya, pulpa yang berisi pembuluh darah, pembuluh syaraf, dan bagian lain yang memperkokoh gigi. Namun demikian, gigi merupakan jaringan tubuh yang mudah sekali mengalami kerusakan. Ini terjadi ketika gigi tidak memperoleh perawatan semestinya. Mengingat resiko yang terjadi pada karies gigi berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang anak, maka cara pencegahan yang lebih awal yaitu melalui pemahaman dan peran serta orang tua terutama ibu dalam memelihara kesehatan gigi anak.

Solusi dari permasalahan di atas penulis merancang buku cerita bergambar tentang cara merawat gigi untuk anak TK. Media ini dirancang untuk dapat menjadi media pembelajaranmelalui aktivitas yang berkaitan dengan menyikat gigi dengan sifat edukatif dan informatif.

Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah model prosedural yang diawali dengan penjabaran latar belakang, perumusan masalah, dan tujuan perancangan, menentukan metode perancangan, mengidentifikasi analisa data, sintesis dan visualisasi.

Pada perancangan ini dihasilkan media buku cerita bergambar yang berisi tentang pemahaman cara merawat gigi untuk anak rentang usia 4-6 tahun dan kepedulian akan pentingnya kebersihan gigi sejak usia dini. Dalam buku ini menggunakan ilustrasi kartunal yang disukai anak-anak dan penuh warna dengan sedikit teks dan banyak gambar. Buku ini dapat digunakan secara bersama-sama sebagai media pembelajaran dan juga sebagai bacaan pribadi di rumah.