Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS BUKU TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 KELAS IV TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN

'Alia Nur Husna Afandi

Abstrak


ABSTRAK

 

Afandi, ‘Alia Nur Husna.

 

Analisis Buku Tematik Terpadu Pada Kurikulum 2013 Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M.Pd., (II) Drs. I Wayan Sutama, M.Pd.

 

Kata Kunci: buku tematik terpadu, kurikulum 2013

Pada kurikulum 2013 di sekolah dasar, buku tematik terpadu kurikulum 2013 merupakan sumber belajar wajib. Penyusunan buku ini harus mengacu pada landasan teori kurikulum yang menaunginya. Berdasarkan hal tersebut dilakukan analisis awal pada pembelajaran pertama subtema 1 tema indahnya kebersamaan dalam buku siswa pada buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV. Beberapa ketidaksesuaian yang ditemukan pada analisis awal antara lain (1) belum ada kegiatan pengaitan informasi yang telah dimiliki siswa, (2) kompetensi dasar  3.4 pada mata pelajaran PKn masih belum terlihat pada tugas/latihan soal/penilaian dalam buku siswa, (3) belum terdapat informasi kompetensi yang harus dikuasai siswa dan informasi pentingnya penguasaan kompetensi bagi siswa. Dari hal di samping peneliti tertarik untuk melakukan analisis lebih lanjut pada seluruh pembelajaran pada tema tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif. Dari data yang berupa angka-angka tersebut akan dipersentase untuk menentukan tingkatan kesesuaiannya dan disimpulkan secara deskriptif. Analisis tersebut dibagi menjadi tiga jenis, masing-masing untuk menjawab rumusan masalah, yaitu (1) kesesuaian buku siswa pada buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas IV tema indahnya kebersamaan dengan karakteristik pembelajaran terpadu, (2) langkah pendekatan saintifik, dan (3) sesuai dengan prinsip penyusunan buku pelajaran yang mencakup kelengkapan sajian dan relevansi serta kaidah bahasa.

Berdasarkan hasil analisis, diketahui karakteristik pembelajaran terpadu dalam buku mendapat persentase sebesar 77,08%,  langkah-langkah pendekatan saintifik mendapat persentase sebesar 84,72%, dan prinsip buku pelajaran yang baik mendapat persentase sebesar 60,41%. Ketiga variabel tersebut ditotal menghasilkan hasil analisis buku siswa sebesar 74,07%. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat hasil analisis termasuk dalam kriteria cukup valid artinya buku tersebut dapat digunakan namun perlu direvisi kecil.

Hal-hal  yang ditemukan antara lain, (1) terdapat 3 pembelajaran yang masih sulit untuk terkait dengan subtema, (2) terdapat 15 pembelajaran tidak ada kegiatan pengaitan informasi yang sudah dimiliki siswa, (3) terdapat 4 pembelajaran yang sebatas memakai media gambar dan teks saja, (4) aspek keaktifan belum maksimal, karena aktivitas menggambar dan gerak sebatas jika terdapat mata pelajaran SBdP dan PJOK, (5) lemahnya aspek menyaji pada langkah pendekatan saintifik, (6) seluruh pembelajaran pada buku siswa belum terdapat sajian kompetensi yang akan dikuasai siswa, (7) 15 pembelajaran terdapat kesalahan ejaan.