Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Media Interaktif Berupa Pengenalan Asmaul Husna Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum

Nur Fitria ningsih

Abstrak


ABSTRAK

Fitrianingsih, Nur, 2013. “Perancangan Media Interaktif Berupa Pengenalan Asmaul Husna Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum”. Tugas Akhir, Program Studi Game Animasi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Drs. Sarjono, M. Sn  (II) Andy Pramono, S.Kom. MT

 

Kata Kunci : Perancangan, Media interaktif, Asmaul husna            

Asmaul Husna memuat nama dan sifat-sifat Allah SWT yang wajib diketahui oleh masyarakat. Asmaul Husna tidak sekedar dihafalkan, namun diterapkan, dihayati untuk diamalkan. Pada tingkat sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum kelas 1-3, Asmaul Husna kurang mendapat perhatian, karena media pembelajaran yang digunakan kurang menarik sehingga materi yang disampaikan juga mudah lupa, selama ini menggunakan buku cetak. Namun data yang didapat dari hasil wawanacara tentang Asmaul Husna pada Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum menunjukan bahwa masih minimnya dalam media pembelajaranya sehingga siswa pun menjadi bosan, dari pemaparaan permasalahan tersebut, maka solusi pemecahan masalah kebutuhan media melalui karya Perancangan Media Interaktif Berupa Pengenalan Asmaul Husna Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum agar pesan pada siswa madrasah Ibtidaiyah dapat tersampaiakan dengan baik dan benar pada target audience yaitu Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum kelas 1-3  

Perancangan media interaktif diharapkan menjadi alternatif pilihan untuk mengenal Asmaul Husna data dalam perancangan ini berupa data primier yang didapat dalam wawancara dan data sekunder yanng di dapat dalam literatur buku, media online. Kegiatan Perancangan diawali dengan merumuskan latar belakang masalah,rumusan masalah, tujuan, pengumpulan data, menetapkan konsep perancangan media dilanjutkan dengan tahap perencanaan media media dan perencanaan kreatif, kemudian menghasilkan sebuah desain akhir dengan media pembelajaran Interaktif.

Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaraan interaktif yang memuat Asmaul Husna yang disertai cara membaca, cara mewarnai, cerita tentang contoh suri tauladan Asmaul Husna melalui gambar yang sederhana menggunakan warna yang ceria. Desain ini disesuaikan dengan target audience yaitu anak sekolah Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum kelas 1-3. Untuk mendukung hasil perancangan dilampirkan produk berupa buku panduan, buku mewarnai, poster, dan X-banner. Pesan yang disampaikan adalah mengenai masalah kurangnya mendapat perhatian dalam pembelajaraan Asmaul Husna dengan cara Menciptakan pola pembelajaran yang menarik dengan media yang menyenangakan yang sesuai dengan target audince