Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Faktor-Faktor Penyebab dan Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran IPS (Peta) Siswa Kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang

Arlis Isnaini Darojat

Abstrak


ABSTRAK

Darojat, Arlis Isnaini. 2013. Faktor-Faktor Penyebab dan Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran IPS (Peta) Siswa Kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Skripsi Jurusan KSDP Program Studi S1-PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.Toha Mashudi, S.Pd, M.Pd, (II Dra.Hj. Murtiningsih, S.Pd, M. Pd.

 

Kata Kunci: kesulitan belajar, pembelajaran peta, pembelajaran IPS.

 

Pembelajaran IPS memiliki tujuan salah satunya yaitu mengenalkan siswa pada lingkungan sekitarnya. Melalui pembelajaran peta siswa dapat mengenal lingkungannya dengan baik. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti pada siswa kelas IV sekolah di gugus II Kecamatan Kedungkandang terdapat masalah dalam pembelajaran peta. Permasalahan pendidikan muncul dapat disebabkan faktor yang berasal dari dalam diri siswa sendiri maupun dari luar siswa.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan faktor

faktor penyebab kesulitan siswa dalam pembelajaran peta dan mendeskripsikan cara guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran peta  di kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif

Populasi dan sampel penelitian adalah kelas IV di SDN Gugus II Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Subyek penelitian adalah 6 Sekolah Dasar (SD yang terdiri dari 246 siswa dan 6 orang guru kelas. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan jenis penelitian statistik deskriptif yang dihitung dengan persentase (%). Hasil penelitian ini diketahui (1) terdapat 125 siswa (50,574%) dari 246 siswa keseluruhan mengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca dan menggambar peta. Kesulitan terbesar disebabkan karena faktor dari dalam diri siswa yaitu ketidakmampuan dalam penggunaan skala. (2) Mengenai cara guru mengatasi siswa dalam pembelajaran membaca dan menggambar peta terdapat 93,582% menyetujui alternatif mengatasi masalah siswa dalam pembelajaran peta yang diberikan penulis.

Kesimpulan penelitian menunjukkan 50,574% siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran membaca dan menggambar peta dengan faktor terbesar dari dalam diri siswa berupa menggunakan skala. Alternatif pemecahan masalah disetujui oleh guru sebesar 93,582%. . Alternatif tersebut meliputi langkah-langkah pembelajaran yang mengedepankan pengalaman siswa dalam menggunakan peta di dalam kehidupannya sehari-hari dengan tahapan: 1 membaca peta dengan bantuan seluruh komponen yang ada pada peta, 2 menafsirkan peta, 3: menggambar peta. Saran yang diberikan penulis berkenaan dengan faktor-faktor kesulitan belajar membaca dan menggambar peta diharapkan guru dapat mengikuti alternatif langkah pembelajaran peta yang telah diberikan peneliti dan mengedepankan penggunaan lingkungan sekitar dalam pembelajaran.