Tugas Akhir Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah - Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi FPB dan KPK Melalui Pendekatan Open Ended Kelas V Sdn Karangsari 2 Kota Blitar

Ulfa kostansetiani

Abstrak


ABSTRAK
KostanSetiani, Ulfa. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi FPB dan KPK Melalui Pendekatan Open Ended Kelas V Sdn Karangsari 2 Kota Blitar.Skripsi, Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Sunyoto, S.Pd, M. Si, (II) Drs. Suhel Madyono, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: hasil belajar, Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB), pendekatan Open – Ended

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan terhadap pembelajaran matematika materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB), siswa masih mendapatkankan nilai jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yakni 65. Dari 15 siswa kelas Va, hanya 2 anak yang mendapata nilai 75, 1 anak mendapatkan nilai 65 dan sisanya mendapat nilai di bawah 65 yakni pada kisaran 42 sampai dengan 33. Rata – rata nilai kelas 46. Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikkan pembelajaran matematika materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dengan menggunakan pendekatan Open Ended. Rumusan masalah penelitian ini: (1) Bagaimanakah proses pembelajaran matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) siswa kelas V di SDN Karangsari 2 Kota Blitar?, (2) Adakah peningkatan hasil belajar pembelajaran Matematika materi Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) siswa kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar dengan menggunakan pendekatan Open Ended?


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Karangsari 2, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Dalam penelitian ini peneliti sebagai Observer.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran matematika materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dengan menggunakan pendekatan open ended SDN Karangsari 2 Kota Blitar kelas V sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang sangat baik pula. Presentase ketuntasan pada pra tindakan 13% (2 siswa yang tuntas dengan skor ≥65) sedangkan untuk persentase siswa tidak tuntas yaitu 87% (13 siswa yang tidak tuntas dengan skor ≤65), pada siklus 1 pertemuan 1 adalah 67% tuntas, siklus 1 pertemuan 2 adalah 73% siswa tuntas, siklus 2 pertemuan 1 adalah 80% siswa tuntas dan pada siklus 2 pertemuan 2 adalah 93% siswa tuntas.


Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan guru kelas V SDN Karangsari 2 Kota Blitar dalam pembelajaran matematika materi FPB dan KPK menggunakan pendekatan Open Ended agar hasil belajar siswa meningkat dan lebih optimal.